Blog

Tadabbur Alam: 60 Santri Maskanul Huffadz Rihlah ke Bogor

by in Blog, Gallery Foto September 28, 2021

Menjelang akhir program menghafal, seperti tahun-tahun sebelumnya, Maskanul Huffadz mengadakan rihlah. Selain rekreasi, agenda tahunan ini bertujuan untuk melatih kepemimpinan dan tadabbur alam. Hal ini sesuai dengan tema yang diusung yakni ‘Hablum minallah, Hablu minannnas, Hablum minal ‘alam’.

Setelah didiskusikan oleh panitia yang dibimbing oleh Abi Davit, tujuan rihlah kali ini adalah Curug Gunung Salak, Pamijahan Bogor. Karena lokasi yang berdekatan, maka Maffaz Pusat dan Maffaz Cijeruk Bogor mengadakan rihlah gabungan dengan total 60 santri. Dengan begitu, para santri berkesempatan menjalin ukhuwah dengan santri cabang lainnya

Rihlah diadakan pada tanggal 25-26 September 2021. Setelah menempuh beberapa jam perjalanan dengan mobil tronton, rasa lelah terbayarkan begitu melihat pemandangan hutan Pinus yang menyejukkan. Pada hari pertama, para santri mengikuti ma’rifatul maidan yaitu menuju lokasi jatuhnya Pesawat Sukhoi, kemudian menikmati curug atau air terjun pada sore harinya.

Pada saat apel pembukaan, Abi Dafit selaku pembina menyampaikan bahwa rihlah ini bertujuan untuk mengkaji dan menghayati ayat-ayat kauniyah. Sebagaimana Al-Quran yang merupakan ayat-ayat qouliyah menyebutkan perintah untuk merenungi alam ciptaan Allah.

Selama kegiatan, ibadah shalat tetap dijalankan secara berjama’ah. Bahkan tetap diadakan shalat tahajjud jama’i. Meskipun dingin udara menusuk tulang, shalat di tengah hutan yang tenang merupakan kenikmatan tersendiri bagi para santri.

Pada hari kedua, para santri antusias mengikuti outbond dan fun-games yang terbagi menjadi 5 pos. Selain menaklukkan rasa takut, kegiatan ini juga melatih kekompakan dan kefokusan.

Itulah sekilas keseruan para santri dalam rihlah kali ini. Dengan mentadabburi alam bersama-sama, ikatan ukhuwah semakin erat dan semakin taat pada Allah yang telah menciptakan alam yang indah ini.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *