Blog

Santri Lari Pagi: Jaga Kesehatan dengan Olahraga Sunnah

by in Blog Oktober 4, 2021

“Tidak mengapa seseorang itu kaya asalkan bertakwa. Sehat bagi orang yang bertakwa itu lebih baik dari kaya. Dan hati yang bahagia adalah bagian dari nikmat.”

HR. Ibnu Majah no. 2141 dan Ahmad 4/69, shahih kata Syaikh Al Albani

Sehat dan waktu senggang adalah dua nikmat yang paling lalai disyukuri oleh kebanyakan manusia. Padahal keduanya adalah nikmat yang besar. Sehat itu mahal dan waktu itu berharga.

Baca juga Inilah Cara Bersyukur yang Terbaik

Bentuk syukur atas nikmat kesehatan adalah dengan menjaganya. Islam sebagai agama yang universal juga sangat menekankan pentingnya menjaga kesehatan. Rasulullah SAW yang sepanjang hidupnya tidak pernah sakit bersabda:

“Segala sesuatu yang di dalamnya tidak mengandung dzikrullah merupakan perbuatan sia-sia, senda gurau, dan permainan. Kecuali empat perkara, yaitu senda gurau suami dengan istrinya, melatih kuda, berlatih memanah, dan berenang.”

(HR. An-Nasa’i)

Selain itu, lari juga merupakan olahraga sunnah. Sebagaimana disebutkan dalam hadits dari Aisyah ra. bahwa Nabi pernah mengajaknya lomba lari.

Selain kesehatan, keharmonisan juga terjaga. 🙂

Untuk mengisi waktu senggang, Ahad, 3 Oktober 2021, santri ikhwan Maskanul Huffadz yang berlokasi di Cimanggis Depok lari pagi. Olahraga yang sama dilakukan juga oleh santri Maskanul Huffadz Lughoh.

Kesehatan yang terjaga berperan penting dalam proses belajar dan mengafal Al-Quran. Bahkan sebuah penelitian mengungkapkan bahwa lari dapat meningkatkan kinerja otak.

Bagi sahabat pembaca yang mungkin terkendala dalam menghafal, rutin lari pagi adalah salah satu ikhtiar yang patut dicoba. Insyaallah olahraga pun bernilai ibadah.

“Betapa banyak amalan yang berbentuk amalan dunia kemudian karena niat yang baik berubah menjadi amalan akhirat.”

Ta’lim Al-Muta’allim Thariq At-Ta’allum karya Imam Az-Zarnuji

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *