Menutrisi Hati dengan Motivasi Pagi: Cara Menghadapi Rasa Kecewa

by in Blog November 9, 2021

Para pengurus yang ada di Pesantren Tahfidz Maskanul Huffadz, setiap pagi mengawali hari dengan membaca Al-Quran 1 hari 1 juz, beserta surah amalan lainnya.

Setelah itu, sebelum semua pengurus kembali pada pekerjaannya masing-masing, mereka dijadwalkan untuk memberi motivasi harian, satu orang per harinya.

Motivasi harian terkadang berupa quotes, kisah pengalaman orang-orang hebat, nasihat-nasihat ulama, amalan-amalan orang sholih, ataupun ilmu pengetahuan yang bersifat islami.

Motivasi harian pagi ini disampaikan langsung oleh bendahara Maskanul Huffadz yaitu Ustadzah Linda.

Ustadzah Linda membahas tentang rasa kecewa. Beliau berkata, “Kenapa kita sering merasa kecewa? Karena kita belum sepenuhnya percaya dengan takdir yang telah Allah tetapkan untuk kita. Terkadang kita merasa kecewa, hanya karena tidak mendapatkan apa yang kita inginkan. Yang mungkin hal itu belum tentu baik untuk kita. Sedangkan pilihan Allah adalah ketentuan yang sebaik-baiknya.”

Ustadzah Linda melanjutkan, “Sesuai dengan firman Allah dalam Al-Quran surat Al-baqarah ayat 216:

كُتِبَ عَلَيْكُمُ الْقِتَالُ وَهُوَ كُرْهٌ لَّكُمْ ۚ وَعَسٰٓى اَنْ تَكْرَهُوْا شَيْـًٔا وَّهُوَ خَيْرٌ لَّكُمْ ۚ وَعَسٰٓى اَنْ تُحِبُّوْا شَيْـًٔا وَّهُوَ شَرٌّ لَّكُمْ ۗ وَاللّٰهُ يَعْلَمُ وَاَنْتُمْ لَا تَعْلَمُوْنَ ࣖ

Yang artinya, ‘Diwajibkan atas kamu berperang, padahal itu tidak menyenangkan bagimu. Tetapi boleh jadi kamu tidak menyenangi sesuatu, padahal itu baik bagimu, dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu, padahal itu tidak baik bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.’

Kalau ayat ini sudah tertanam dalam diri kita, tentu tidak akan ada lagi rasa kecewa yang menghampiri, bagaimanapun keadaannya.” (Sabtu, 6/11/21)

Seluruh pengurus yang hadir, ikut mendengarkan dengan seksama. Sebagian ada juga yang mencatat motivasi yang disampaikan oleh Ustadzah Linda tadi.

Semoga, agenda rutin yang diadakan setiap pagi ini, bukan hanya untuk menambah semangat para pengurus Maskanul Huffadz, namun juga meningkatkan iman yang mungkin sedang dalam kondisi tidak sehat.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *