Blog

Jumat TERAKHIR di Bulan Ramadhan, Lakukan Amalan Ini!

by in Blog Mei 6, 2021

Di antara 7 hari dalam sepekan, hari Jumat mendapat julukan sayyidul ayyam (bapaknya hari). Hal ini karena banyaknya peristiwa penting dan keberkahan di hari itu.

Sementara di antara 12 bulan dalam setahun, Allah melebihkan Ramadhan dengan banyaknya kemuliaan dan keberkahan. Sebagaimana termaktub dalam hadits:

“اَلصَّلَوَاتُ الْخَمْسُ وَالْجُمْعَةُ إِلَى الْجُمْعَةِ وَرَمَضَانُ إِلَى رَمَضَانَ مُكَفِّرَاتٌ مَا بَيْنَهُنَّ إِذَا اجْتَنَبَ الْكَبَائِرَ.”

“Shalat fardhu lima waktu, shalat Jum’at ke Jum’at berikutnya, dan Ramadhan ke Ramadhan berikutnya menghapuskan dosa-dosa yang dilakukan di antara masa tersebut jika ia menjauhi dosa-dosa besar.”

Saat ini kita sudah berada di penghujung Ramadhan dan hari ini adalah Jumat terakhir. Mari kita manfaatkan dengan memaksimalkan amalan wajib maupun Sunnah. Di antara amalan-amalan tersebut ialah:

1. Beristighfar di waktu sahur hingga menjelang subuh. Amalan ini terdapat di dalam Al-Qur’an

اِنَّ الْمُتَّقِيْنَ فِيْ جَنّٰتٍ وَّعُيُوْنٍۙ – ١٥

Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada di dalam taman-taman (surga) dan mata air,

اٰخِذِيْنَ مَآ اٰتٰىهُمْ رَبُّهُمْ ۗ اِنَّهُمْ كَانُوْا قَبْلَ ذٰلِكَ مُحْسِنِيْنَۗ – ١٦

mereka mengambil apa yang diberikan Tuhan kepada mereka. Sesungguhnya mereka sebelum itu (di dunia) adalah orang-orang yang berbuat baik;

كَانُوْا قَلِيْلًا مِّنَ الَّيْلِ مَا يَهْجَعُوْنَ – ١٧

mereka sedikit sekali tidur pada waktu malam;

وَبِالْاَسْحَارِ هُمْ يَسْتَغْفِرُوْنَ – ١٨

dan pada akhir malam mereka memohon ampunan (kepada Allah).

2. Berdoa pada Jumat pagi dengan doa yang terdapat dalam Kitab Al-Azkar karya Imam An-Nawawi:

وروينا في كتاب ابن السني، عن أنس رضي الله عنه، عن النبي صلى الله عليه وسلم قال من قال صبيحة يوم الجمعة قبل صلاة الغداة : أستغفر الله الذي لا إله إلا هو الحي القيوم وأتوب إليه ثلاث مرات غفر الله ذنوبه ولو كانت مثل زبد البحر

Artinya, “Diriwayatkan kepada kami dari Ibnu Sinni dari Anas RA, dari Nabi Muhammad SAW bahwa ia bersabda, ‘Siapa saja yang berdoa di pagi hari Jumat sebelum shalat pagi dengan, ‘Astaghfirullāhalladzī lā ilāha illā huwal hayyul qayyūmu, wa atūbu ilaihi’ sebanyak tiga kali, niscaya Allah mengampuni dosanya meski sebanyak buih di lautan,’” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 71).

3. Membersihkan diri, termasuk di dalamnya mandi Jumat, memotong kuku, mencukur rambut-rambut, dan memakai pakaian terbaik

4. Membaca Surah Al-Kahfi

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِى يَوْمِ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِِ

“Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jum’at, dia akan disinari cahaya di antara dua Jum’at.” (HR. An Nasa’i dan Baihaqi)

Adapun waktu membacanya bisa malam atau petang. Sahabat Maffaz juga bisa membaginya menjadi beberapa bagian untuk dicicil setiap bakda shalat.

5. Bersedekah

Mengutip dari dompetdhuafa.org, disebutkan bahwa Imam Ibnul Qayyim al-Jauziyah pernah berkata tentang keutamaan sedekah hari Jumat. Beliau berkata; “Keutamaan sedekah di hari Jumat dibanding semua hari dalam sepekan seperti keutamaan sedekah di bulan Ramadhan dibandingkan bulan-bulan lainnya.”

Rasulullah Saw. adalah sosok paling dermawan. Di dalam hadits diriwayatkan bahwa Nabi Saw. lebih dermawan lagi di bulan Ramadhan.

Hmm, kira-kira mau sedekah apa hari ini? Uang, ilmu, tenaga, atau cuma senyuman? Sekecil apapun itu pasti berlipat ganda pahalanya di sisi Allah Subhanahu wata’ala.

6. Bershalawat

“Perbanyaklah shalawat kepadaku pada setiap Jum’at. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jum’at. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti.” (HR. Baihaqi dalam Sunan Al Kubro. Hadits ini hasan ligoirihi –yaitu hasan dilihat dari jalur lainnya-)

7. Berdoa

عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ وَأَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: إِنَّ فِي الْجُمُعَةِ سَاعَةً لَا يُوَافِقُهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ يَسْأَلُ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ فِيهَا خَيْرًا إِلَّا أَعْطَاهُ إِيَّاهُ وَهِيَ بَعْدَ الْعَصْرِ

“Dii hari Jumat terdapat suatu waktu, di mana jika ada seorang hamba Muslim yang memanjatkan doa kepada Allah bertepatan dengan waktu tersebut, Allah akan memberi apa yang dia minta. Waktu itu adalah setelah ashar.” (HR Ahmad)

Sahabat Maffaz bisa mengisi waktu menjelang berbuka dengan berdoa. Dengan begitu ada 2 keutamaan yang kita raih yaitu; keutamaan berdoa setelah Ashar di hati Jumat dan keutamaan doa menjelang berbuka.

Semoga kita tidak termasuk orang yang merugi di bulan Ramadhan kali ini. Semangat berlomba dalam kebaikan ☺️

Sumber:

https://rumaysho.com/203-perbanyaklah-shalawat-di-hari-jumat.htmlSumber https://rumaysho.com/202-jangan-lupakan-membaca-surat-al-kahfi-di-hari-jumat.html https://tirto.id/f7JM.Referensi: https://almanhaj.or.id/3315-keutamaan-dan-keberkahan-hari-jumat.html

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *