Blog

Inilah Cara Bersyukur yang Terbaik

by in Blog Oktober 1, 2021

Sebagai seorang hamba, sudah menjadi kewajiban kita untuk bersyukur bukan? Tapi, masih banyak dari kita yang belum tau bagaimana sih cara bersyukur paling baik ?

Disebutkan dalam hadits shahih, “Barang siapa yang tidak mensyukuri yang sedikit, maka ia tidak akan mampu mensyukuri sesuatu yang banyak.” (HR. Ahmad, 4:278, syaikh Al-Albani mengatakan bahwa hadist ini hasan sebagaimana dalam As silsilah As shohihah no.667)

Sebelum kita bahas tentang caranya, kita harus tau dulu nih alasannya. Kenapa kita harus bersyukur ? Jawabannya “karna bersyukur adalah kunci kebahagiaan.”

Setuju gak? Kalau aku sih setuju banget. Dengan bersyukur, kita merasa cukup meskipun dalam keadaan kurang.

Ada quotes dari orang bijak, “The more you are grateful, the more you will find happiness” artinya; “Semakin banyak kamu bersyukur, semakin banyak kamu temukan kebahagiaan.” So, gak akan rugi deh kalo kita banyak bersyukur, apalagi bersyukur dengan cara yang paling baik.

Cara bersyukur paling baik

Satu-satunya cara terbaik untuk mensyukuri nikmat yang telah Allah berikan adalah ‘menjaganya‘. (Eits… tapi bukan sembarang jaga ya..) yang dimaksudkan menjaga disini, penjagaan yang ekstra, alias butuh pembuktian.

Gimana caranya? Ga ribet kok, cuma dengan 3 cara , insyaallah kita tergolong menjadi hamba-Nya yang bersyukur. Aamiin.

Pertama, meyakini dalam hati bahwa nikmat Allah wajib untuk disyukuri, sadar akan kelemahan, bahwa kita tidak bisa berbuat apa-apa tanpa izin Allah.

Contohnya, katakan dalam hati: “Ya Allah, aku bersyukur punya sepasang mata yang sehat, sehingga aku bisa melihat indahnya ciptaan-MU, dan pastinya aku gak bisa ngerasain nikmat ini kalau bukan karna Rahmat-Mu.”

Kedua, mengekspresikan rasa syukur melalui ucapan tahmid atau kalimat pujian kepada Allah.SWT . Contohnya : “Alhamdulillahi ‘ala kulli haal”

Ketiga, membuktikan rasa syukur kita dengan amal / perbuatan. Seperti yang dikatakan di atas tadi, membuktikan dengan cara menjaga nikmat itu sebaik-baiknya. Masih bingung dengan cara yang ketiga ?

Sekarang, aku akan kasih 2 contoh sekaligus nih, tentang menjaga iman dan imun. Yaps, dua hal yang sama pentingnya bagi kehidupan kita, dan tentunya, harus kita syukuri bukan? Berikut uraiannya.

1. Bersyukur atas nikmat iman dan cara menjaganya.

Sebagai seorang mukmin, sudah seharusnya kita memiliki keyakinan dan kepercayaan yang kuat atas keimanan yang biasa kita kenal dengan sebutan rukun iman. Dan satu hal yang harus kamu tau, kekuatan iman yang kuat mampu membuat hal yang mustahil menjadi mungkin.

Dalam salah satu kaidah usul fiqih di sebutkan: “Al yaqiinu la yuzalu bi al-syak” yang artinya: keyakinan yang kuat tidak akan berubah dengan sebuah keraguan.

Nah, gimana caranya agar iman kita bisa tetap istiqomah?

  • Perbanyak mendengar, membaca, dan merenungkan ayat-ayat serta hadist yang menegaskan tentang kebesaran dan keagungan Allah. SWT.
  • Merenungkan keajaiban penciptaan langit dan bumi serta unsur-unsur yang menjadi pendukung bagi kebutuhan dan kelangsungan hidup.
  • Menerapkan keyakinan yang sudah di dapat dengan cara melaksanakan perintah Allah, dan menjauhi larangan-Nya.

Contoh berikutnya :

2. Mensyukuri nikmat sehat dengan menjaga daya tahan tubuh

Sebagian dari kita mungkin belum tau kalau Rasulullah itu jarang banget sakit lho…

Kenapa?

Karena Rasulullah selalu menjaga diri dari hal-hal yang berpotensi mendatangkan penyakit. Itu artinya, Rasulullah menegaskan kepada kita bahwa ‘lebih baik mencegah dari pada mengobati’.

Menjaga kesehatan dalam islam sama pentingnya seperti menjaga iman. Rasulullah. Saw, bersabda :
نعمتان مغبون فيهما كثير من الناس الصحة والفراغ
“Dua kenikmatan yang sering dilupakan oleh kebanyakan manusia adalah kesehatan dan waktu luang.” (HR. Al-Bukhari: 6412, at-Tirmidzi: 2304, Ibnu Majah: 4170)

So, gimana ibadah kita mau maksimal kalau daya tahan tubuh kita lemah?

Nah, ini ada beberapa kebiasaan positif Rasulullah SAW yang bisa kita tiru untuk menjaga imun tubuh agar tetap fit, yaitu :

  • Pertama : Menjaga wudhu
    Ternyata wudhu’ itu banyak manfaatnya loh, karna dapat meminimalisir bakteri, virus, dll.. yang di sebabkan karena banyaknya interaksi kita dengan dunia secara langsung.
  • Kedua : Memperhatikan makanan yang di konsumsi
    Rasulullah.Saw selalu memperhatikan makanan yang akan di konsumsinya, bukan hanya tentang gizi, tapi juga cara mendapatkannya dan halal makanannya.
  • Ketiga : Olahraga/ Riyadhah
    Dengan berolahraga yang rutin, Insyaallah akan membantu menjaga kestabilan daya tahan tubuh kita.
  • Keempat : Puasa
    Puasa menjadi obat penenang bagi stamina dan organ tubuh sehingga energinya tetap terjaga. Puasa sangat ampuh untuk detoksifikasi (pembersihan racun) yang sifatnya total dan menyeluruh.
  • Kelima : Tidur yang cukup
    Tidur larut malam tidak baik bagi kesehatan, karena dapat menyebabkan darah tinggi, kolesterol, kanker, insomnia, dan jantung. Lebih baik tidur sesuai dengan tutunan Rasulullah.SAW (tidur lebih cepat dan bangun lebih cepat juga) tubuh tetap fit dan tertunaikan haknya.

Jadi, itu tadi gambaran cara mensyukuri nikmat iman dan nikmat sehat dengan menjaga apa yang seharusnya kita jaga. Semoga kedepannya kita bisa menjadi pribadi yang lebih bersyukur.

Aamiin . . .

Ditulis oleh: Sya El Bahri

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *