Agar Tidak Pelupa, Amalkan Doa Ini Setiap Hari!

by in Blog Oktober 21, 2021

“Orang-orang munafik laki-laki dan perempuan, satu dengan yang lain adalah (sama), mereka menyuruh (berbuat) yang mungkar dan mencegah (perbuatan) yang makruf dan mereka menggenggam tangannya (kikir). Mereka telah melupakan (meninggalkan perintah) Allah, maka Allah melupakan mereka (pula). Sesungguhnya orang-orang munafik itulah orang-orang yang fasik.”

At-Taubah ayat 67

Manusia berasal dari kata bahasa Arab yang artinya lupa. Meski manusiawi, sifat pelupa tidak boleh dibiarkan. Ayat di atas memberitahu kita bahwa ‘lupa’ dapat menyebabkan pelakunya termasuk orang munafik atau fasik.

Na’udzubillahi min dzalik . . .

Banyak cara untuk meningkatkan daya ingat. Sahabat bisa menyimak 3 kiat dari Sayyidina Ali di sini.

Namun usaha tidaklah cukup jika tidak diiringi doa. Berkenaan dengan itu, pada zaman Rasulullah shalallahu alaihi wasallam, dikisahkan ada seseorang menghampirinya dengan keluhan.

“Ya Rasulallah, sungguh, saya ini adalah orang yang pelupa. Tolong ajari kami sesuatu.”

Kemudian Nabi Muhammad SAW mengajarkan, “Baca kalimat ini setiap hari ya!”

اَللَّهُمَّ اجْعَلْ نَفْسِيْ مُطْمَئِنَّةً، تُؤْمِنُ بِلِقَائِكَ، وَتَرْضَى بِقَضَائِكَ

“Ya Allah, jadikan jiwa kami menjadi tenang, beriman akan adanya pertemuan dengan-Mu, dan rela atas garis yang Engkau tentukan.”

Setelah ijazah dari Rasulullah tadi dibaca tiga kali sehari, pemuda tersebut mengaku, “Setelah saya membaca itu, saya tidak pernah lupa tentang apapun. (Lihat Habib Zain bin Ibrâhîm bin Sumaith, Al-Manhajus Sâwî, Dârul Ilmi wad Da’wah, [Hadramaut, 2005], halaman 234)

Sumber: NU Online

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *