Blog

7 Keutamaan Puasa Ramadhan

by in Blog April 9, 2021

Keutamaan Puasa Ramadhan
Oleh Umma Oki Setiana Dewi

Ada tiga jenis orang dalam menanggapi datangnya bulan Ramadhan
1. Tidak suka karena tidak bisa melakukan maksiat seperti biasa
2. Biasa saja, bagi orang-orang ini Ramadhan dan bulan lainnya tidak berbeda
3. Beriman, yaitu mereka yang bersuka ria karena mengetahui banyaknya keutamaan di bulan Ramadhan.

Semoga kita termasuk golongan ketiga dan sebagai motivasi, ada 7 keutamaan berpuasa di bulan Ramadhan yang perlu kita ketahui untuk memotivasi diri dalam menyambut Ramadhan kali ini

1. Sebagai sarana menuju takwa (2:183)

Puasa secara medis terbukti mempersempit saluran darah yang merupakan jalur masuknya syaitan. Selain itu dengan berpuasa kita belajar mengendalikan hawa nafsu untuk mengedepankan amal yang Allah perintahkan.

2. Penghalang siksa api neraka

Rasulullah Saw. bersabda, “Puasa adalah perisai” (H.R. Bukhari dan Muslim).

3. Memberi syafaat di hari kiamat

Dari Abdullah bin Amr RA berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Shaum dan Alquran akan memberi syafaat bagi hamba (yang mengerjakannya). Shaum akan memohon, ‘Ya Allah, aku akan menghalanginya dari makan dan minum pada siang hari, maka terimalah syafaatku ini untuknya.’ Dan Alquran berkata, ‘Ya Allah, aku telah menghalangi dari tidur pada malam hari, maka terimalah syafaatku ini untuknya.’ Akhirnya kedua syafaat itu diterima.” (HR Ahmad, Ibnu Abi Dunya, dan Thabrani)

4. Pengampunan dosa

“Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah Swt, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu”.(HR.Bukhari dan Muslim).

5. Penahan syahwat

“Wahai golongan pemuda, siapa yang mampu menikah, maka menikahlah, karena sungguh hal itu lebih dapat menundukkan pandangan dan lebih dapat menjaga kemaluan, dan siapa yang tidak mampu (menikah) maka hendaklah ia berpuasa, karena itulah pengendali baginya.” (H.R. Al-Bukhari)

6. Pintu surga khusus

Dalam hadis riwayat Sahl bin Sa’ad disebutkan. Nabi SAW bersabda, “Surga memiliki delapan pintu. Di antara pintu-pintu tersebut ada yang dinamakan pintu Ar Rayyan yang hanya dimasuki oleh orang-orang yang berpuasa” (HR. Bukhari)

7. Doanya mustajab

“Berkata Rasulullah saw: Terdapat tiga kaum yang doanya tidak akan ditolak: imam yang adil, orang yang puasa sampai dia berbuka, dan orang yang teraniaya.” (HR. Abu Hurairah)

Semoga 7 faidah tersebut memotivasi kita untuk meningkatkan persiapan menyambut bulan Ramadhan yang tinggal menghitung hari ini, ya!🙏

Semoga bermanfaat🙏

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *