7 KEUTAMAAN PALESTINA dalam Al-Quran dan Sunnah

by in Blog Mei 20, 2021

7 KEUTAMAAN PALESTINA dalam Al-Quran dan Sunnah

Komentar “Palestina bukan urusan kita,” tidak bisa didiamkan. Lebih sedih lagi jika komentar ini keluar dari saudara seiman kita. Komentar semacam ini muncul karena ketidakpedulian alias kemasa-bodohan tentang Palestina. Bagi umat Islam, Palestina sangat bernilai.

Melansir dari @onepathnetwork , setidaknya ada 7 kemuliaan Palestina yang disebutkan dalam Al-Quran dan Sunnah.

  1. Rumah Nabi-Nabi

Nabi Ibrahim, Nabi Ishak, Nabi Ya’kub, Nabi Daud, Nabi Sulaiman, Nabi Zakariya, Nabi Yahya, dan Nabi Isa menempati Palestina di zaman kenabiannya.

  • Allah menyebutnya ‘Tanah Suci’

يَٰقَوْمِ ٱدْخُلُوا۟ ٱلْأَرْضَ ٱلْمُقَدَّسَةَ ٱلَّتِى كَتَبَ ٱللَّهُ لَكُمْ وَلَا تَرْتَدُّوا۟ عَلَىٰٓ أَدْبَارِكُمْ فَتَنقَلِبُوا۟ خَٰسِرِينَ

“Hai kaumku, masuklah ke tanah suci (Palestina) yang telah ditentukan Allah bagimu, dan janganlah kamu lari kebelakang (karena takut kepada musuh), maka kamu menjadi orang-orang yang merugi.” (Al-Maidah/5:21)

  • Allah juga menyebutnya ‘Tanah yang Diberkahi’

Sebagaimana disebutkan dalam QS. Al-Isra ayat 1, “Maha Suci Allah yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhamad) pada malam haridari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa yang telah kami berkahi sekelilingnya . . .”

Hal ini terlihat dari hasil pertanian dan perkebunan yang sangat membantu perekonomian Palestina di tengah penindasan.

  • Masjid Al-Aqsha

Setelah Masjidil Haram di Mekah dan Masjid Nabawi di Madinah, Masjid Al-Aqsha menempati posisi ketiga sebagai masjid terbesar umat Islam. Masjidil Aqsha juga merupakan arah kiblat pertama sebelum Mekah.

Rasulullah ﷺ juga mendorong umat islam untuk mengunjungi Masjid Al-Aqsha ini, sebagaimana beliau bersabda, “Tidak boleh bersusah-payah bepergian, kecuali ke tiga masjid, (yaitu) Masjid Haram, Masjid Nabawi, dan Masjid Aqsha.” (HR. Bukhari dan Muslim).

  • Tempat terjadiya peristiwa Isra’ Mi’raj

Sebelum naik ke langit bersama Malaikat Jibril, Rasulullah ﷺ diperjalankan ke Palestina pada malam hari. Hal ini menunjukkan bahwa Palestina memiliki kemuliaan tersendiri. Di antara sekian banyak wilayah, Palestina terpilih sebagai titik awal perjalanan naik ke langit.

  • Saksi Kemenangan

Di sini lah Talut dan Dawud berhasil mengalahkan Jalut dan tentaranya. Di sini jugalah Nabi Isa akan mengalahkan Dajjal.

  • Palestina adalah bagian Syam

Wilayah Syam meliputi Syiria (Suriah), Palestina, Yordania, dan Lebanon. Wilayah ini disebutkan banyak memiliki keutamaan sehingga banyak sahabat Nabi berlomba-lomba untuk tinggal di sana.

“Sesungguhnya kalian akan menjadi pasukan-pasukan perang, satu pasukan di Syam, satu pasukan di Iraq dan satu pasukan di Yaman.” Aku bertanya, “Wahai Rasulullah, pilih kan untukku!” Rasulullah menjawab, “Pilihlah Syam, dan barang siapa yang enggan maka hendaklah ia bergabung dengan Yaman dan meminum dari kolam-kolam air Yaman. Sesungguhnya Allah telah menaungi Syam dan penduduknya.” (HR. Sahih Ibnu Hibban no. 7306).

Demikian 7 keutamaan Palestina. Bagian Syam ini sekarang tengah membutuhkan bantuan kita. Jangan redam rasa kemanusiaan kita untuk peduli dan memberikan dukungan. Menolong mereka sejatinya untuk menolong diri kita sendiri dari pertanyaan “Mengapa kamu diam saja melihat saudaramu didzalimi.”

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *