Blog

#4 Tipe Anak dalamAl-Qur’an, CEEK!…

by in Blog Juni 14, 2021

Sebelum halu kita terlalu tinggi melayang sampai ke pelaminan menjadi pasangan idaman, yuk maksimalkan dulu peran yang sedang dan akan terus melekat dalam diri kita.

Anak, status yang akan selamanya melekat pada kita ini ternyata dimention lho dalam Al Quran.
Percaya ga? Percaya ga? Percayalah masa enggak!!

Anak sebagai Fitnah

“Sesungguhnya hartamu dan anak-anakmu hanyalah cobaan (bagimu), dan di sisi Allah pahala yang besar.” (Q.S. At Taghobun: 15)

Dilansir dari Kalam Sindo, anak adalah cara Allah menguji hamba-Nya. Apakah kecintaannya terhadap anak dapat melalaikannya dari menaati perintah Allah? Selain itu, anak sebagai cobaan juga bisa berarti cobaan ‘kesabaran’ dalam mengasuh dan mendidik buah hati.

Anak sebagai Musuh

“Hai orang-orang mukmin, sesungguhnya di antara isteri-isterimu dan anak-anakmu ada yang menjadi musuh bagimu maka berhati-hatilah kamu terhadap mereka dan jika kamu memaafkan dan tidak memarahi serta mengampuni (mereka) maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”  (Q.S. At Taghobun:14)

Mengutip dari Islami.co, salah satu contoh anak menjadi musuh adalah ketika kecintaan orangtua terhadap mereka menjadikan orangtua ‘menaati’ kehendak sang anak dan menjadi lalai terhadap perintah Allah.

Selain itu, di hari akhir kelak, anak yang tidak mendapatkan pendidikan agama akan menuntut orang tuanya di hadapan Allah. Walaupun orang tuanya adalah orang yang sholih, tapi jika ia lalai dengan amanah (anak) maka ia juga akan terseret ke neraka tersebab tuntunan sang anak.

Anak sebagai Perhiasan Dunia Semata

“Harta dan anak-anak adalah perhiasan kehidupan dunia tetapi amalan-amalan yang kekal lagi saleh adalah lebih baik pahalanya di sisi Tuhanmu serta lebih baik untuk menjadi harapan.” (Q.S. Al Kahfi:46)

Anak yang hanya dikenalkan dengan ilmu dunia sehingga orientasinya adalah kesuksesan dunia saja. Namun, selain orang tua, sebagai anak kita pun harus inisiatiif dalam memperdalam ilmu agama. Sehingga kita pun insyaallah menjadi pemutus rantai kelalaian dan menyelamatkan generasi selanjutnya.

Anak sebagai Penyejuk Hati bagi Orang Tua

“Dan orang orang yang berkata: Ya Tuhan kami, anugrahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.” (Q.S. Al Furqon:74)

Anak yang bukan hanya pandai menjaga fisik melainkan juga akhlaknya. Anak yang mendapatkan pendidikan agama yang baik akan menjadi kebanggaan orang tua di dunia dan menjadi penolong ketika di akhirat.

Nah itu tadi tipe-tipe anak yang ada di Al Quran
Termasuk yang manakah kita??
Yuk muhasabah 🙂

Penulis : Septiyani Ardila

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *