4 Quotes Ampuh Anti Ngeluh

by in Blog Oktober 14, 2021

Sampai hari ini, masih adakah orang yang menyerah?

Tidak sedikit orang yang lelah menjalani hidup, merasa diri paling dirugikan, mencela nasib karena kurang beruntung, bahkan ada yang sampai mengatakan “Allah itu gak adil”, dan akhirnya memilih pasrah, berhenti mempertahankan hidup alias mati bunuh diri. Na’udzubillaah . . .

Eits, tawakkal dan pasrah itu dua hal yang berbeda ya…

Tawakkal adalah menyerahkan diri sepenuhnya kepada Allah, tidak berharap kecuali kepada Allah, dan tidak melakukan ikhtiar apapun kecuali karena Allah.

Sedangkan pasrah adalah sikap menyerah tanpa berusaha, melarikan diri dari proses, tak jarang hal itu membuat keadaan jadi semakin memburuk.

Sebagai seorang muslim, kita diperintahkan untuk bertawakal atas segala usaha dan upaya.

Sebagaimana dijelaskan dalam QS. Ali-Imran ayat 159 berbunyi, yang artinya:

“… Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakal kepada-Nya.”

Dengan rezeki umur saat ini, seharusnya kita malu, dengan mudahnya kita menyerah. Rasanya tidak pantas, menyerah di tengah perjuangan sama hal nya dengan pecundang.

Pastinya sahabat gak mau kan, tergolong dalam bagian orang-orang yang mudah menyerah?

Nih, ada quotes ampuh anti ngeluh buat sahabat sekalian. Jangan cuma dibaca, tapi jadikan sebagai motivasi untuk merubah diri menjadi lebih baik lagi.

1. Quotes dari Sultan Muhammad II (1453)

“Jangan katakan tidak mungkin, sebelum kau mencobanya sampai mati.”

Muhammad Al-Fatih 1453

Tidak ada yang mustahil bagi Allah, selagi kita mau berusaha, tekadkan niat, kuatkan do’a, insyaallah pertolongan Allah datang mendekat.

Sudah dibuktikan langsung oleh sejarah, Sultan Muhammad II bin Murad, dengan semangat pantang menyerah, ia berhasil menaklukkan kota Konstantinopel untuk Islam pada tahun 1453 M.

2. Motivasi dari Al-Qur’an Surat Yusuf

“. . .Dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya yang berputus asa dari rahmat Allah hanyalah orang-orang kafir.”

(Q.S. Yusuf: 87)

Putus asa tidak ada bedanya dengan menyerah, orang yang putus asa adalah orang yang tidak mensyukuri atas nikmat kesempatan yg telah Allah berikan kepadanya.

3. Moodbooster dari Al-Qur’an Surat Al-Baqarah

“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kadar kesanggupannya…”

(QS. Al-Baqarah: 286)

Allah percaya kamu bisa menyelesaikannya dengan baik. Jika kamu ingin meraih impianmu, maka kamu harus mencintai prosesnya terlebih dahulu.

4. Inspirasi dari Hadits

“Bersegeralah bersedekah, sebab bala bencana tidak pernah bisa mendahului sedekah. Belilah semua kesulitanmu dengan sedekah. Obatilah penyakitmu dengan sedekah. Sedekah itu sesuatu yang ajaib. Sedekah menolak 70 macam bala dan bencana, dan yang paling ringan adalah penyakit kusta dan sopak (vitiligo).”

(HR. Thabrani)

Salah satu cara ampuh untuk mempermudah jalanmu menuju kesuksesan adalah dengan berikhtiar melalui sedekah. Karena, sedekah lah yang menjadi sebab mudahnya segala urusan.

Jadi, jangan lagi mencela nasib, apalagi sampai menyalahkan takdir. Hidup adalah proses, dan proses butuh yang namanya ‘perjuangan’ untuk meraih satu tujuan.

Tujuan kita adalah ridho-Nya, tidak ada alasan bagi kita, menjalani hidup kecuali karena-Nya.

Tetap semangat, semoga bermanfaat 🙂

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *