Blog

4 Keutamaan Surat Al-Fatihah yang Harus Kamu Tahu

by in Blog Juli 1, 2021

“Dan sesungguhnya Kami telah berikan kepadamu tujuh ayat yang dibaca berulang-ulang dan Al-Quran yang agung.”

(Al-Hijr/15:87)

Ya, ayat tersebut menunjukkan bahwa Al-Fatihah adalah satu-satunya surat yang disebutkan di surat lain. Selain menjadi syarat sah salat, surat Al-Fatihah juga memiliki keutamaan-keutamaan lain, diantaranya;

1. Induk dari Al-Quran

Nama lain Al-Fatihah sendiri adalah Ummul Quran. Selain karena ditempatkan di urutan pertama, Al-Quran juga disebut sebagai intisari dari Al-Quran itu sendiri. Rasulullah ﷺ bersabda:

الْحَمْدُ لِلَّهِ أُمُّ الْقُرْآنِ وَأُمُّ الْكِتَابِ وَالسَّبْعُ الْمَثَانِي

(Surat) alhamdulillah (yaitu Al Fatihah) adalah ummul qur’an, ummul kitab dan as sab’ul matsani.” (HR. Tirmidzi dari Abu Hurairah

2. Satu dari 2 Cahaya

Salah satu pembeda Al-Quran dengan kitab-kitab sebelumnya adalah Al-Fatihah.Sebagaimana disebutkan dalam hadits berikut:

“Bergembiralah dengan dua cahaya yang diberikan kepadamu, yang tidak diberikan kepada Nabi sebelummu, yaitu surat Al-Fatihah dan dua ayat penutup surat Al-Baqarah.” (HR. Muslim)

3. Sebagai Obat dan Ruqyah

Dari Abu Sa’id Al-Khudri disebutkan bahwa Al-Fatihah sebagai penawar racun. (HR. Tirmidzi)

4. Dialog antara Allah dan Hamba-Nya

Disebutkan dalam hadits bahwasannya setiap ayat Al-Fatihah yang kita baca ketika shalat dijawab oleh Allah.

Abu Hurairah berkata, “Bacalah Al Fatihah untuk diri kalian sendiri karena aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam bersabda, “Allah Ta’ala berfirman: Aku membagi shalat (maksudnya: Al Fatihah) menjadi dua bagian, yaitu antara diri-Ku dan hamba-Ku dua bagian dan bagi hamba-Ku apa yang ia minta. Jika hamba mengucapkan ’alhamdulillahi robbil ‘alamin (segala puji hanya milik Allah)’, Allah Ta’ala berfirman: Hamba-Ku telah memuji-Ku. Ketika hamba tersebut mengucapkan ‘ar rahmanir rahiim (Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang)’, Allah Ta’ala berfirman: Hamba-Ku telah menyanjung-Ku. Ketika hamba tersebut mengucapkan ‘maaliki yaumiddiin (Yang Menguasai hari pembalasan)’, Allah berfirman: Hamba-Ku telah mengagungkan-Ku. Beliau berkata sesekali: Hamba-Ku telah memberi kuasa penuh pada-Ku. Jika ia mengucapkan ‘iyyaka na’budu wa iyyaka nasta’in (hanya kepada-Mu kami menyebah dan hanya kepada-Mu kami memohon pertolongan)’, Allah berfirman: Ini antara-Ku dan hamba-Ku, bagi hamba-Ku apa yang ia minta. Jika ia mengucapkan ‘ihdiinash shiroothol mustaqiim, shirootolladzina an’amta ‘alaihim, ghoiril magdhuubi ‘alaihim wa laaddhoollin’ (tunjukkanlah pada kami jalan yang lurus, yaitu jalan orang yang telah Engkau beri nikmat, bukan jalan orang yang dimurkai dan bukan jalan orang yang sesat), Allah berfirman: Ini untuk hamba-Ku, bagi hamba-Ku apa yang ia minta.” (HR. Muslim no. 395).

sumber: rumaysho

Selain 4 keutamaan tersebut, masih banyak keutamaan surat Al-Fatihah. Apalagi jika kita mengkaji setiap ayatnya. Dengan mengetahui keutamaan-keutamaan ini diharapkan kita dapat menghayati shalat kita.

Aamiin

Penulis: Madaniah

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *