Blog

4 Keajaiban Istighfar

by in Blog Juli 23, 2021

Kenapa kita harus beristighfar?

Apa yang akan kita dapatkan jika beristighfar?

Yuk sama-sama cari tahu jawabannya!

  • Istighfar merupakan obat rasa malas

Rasa malas itu dilawan bukan dibawa rebahan. Apalagi malas beribadah. Salah satu cara melawan rasa malas yang berbahaya ini adalah dengan beristighfar.

Rasulullah shalallahu alaihi wassalam dalam HR. Muslim No. 2702 bersabda: “Ketika hatiku malas, aku beristighfar pada Allah dalam sehari sebanyak 100 kali.”

  • Bentuk meneladani Rasulullah shalallahu alaihi wassalam

Istighfar adalah Sunnah yang ‘harusnya’ mudah diamalkan. Sebagaimana yang telah dicontohkan Rasulullah shalallahu alaihi wassalam.

Dari Ibnu Umar, dia berkata, “Kami menghitung dari Rasulullah shalallahu alaihi wassalam dalam satu majelis (sebelum beliau bangun dari majelis tersebut) yaitu seratus kali ucapan:

رب اغفر لي وتب علي إنك أنت التواب الرحيم

“Wahai Rabbku, ampuni aku dan terima taubatku, sesungguhnya Engkau Maha Penerima Taubat dan Maha Penyayang.” (HR Abu Dawud dan Tirmidzi)

  • Kunci jalan keluar dan membuka pintu rizki yang luas

Abdullah bin ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam bersabda, “Barangsiapa yang senantiasa beristighfar niscaya Allah akan menjadikan baginya kelapangan dari segala kegundahan yang menderanya, jalan keluar dari segala kesempitan yang dihadapinya dan Allah memberinya rizki dari arah yang tidak ia sangka-sangka.” (HR Abu Dawud No. 1518)

  • Wujud syukur terhadap nikmat Allah yang Maha Pengampun

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu, dari Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam berkata, “Demi Dzat yang diriku berada ditanganNya, jika kalian tidak berbuat dosa Allah akan hilangkan kalian dan Allah akan datangkan kaum lain yang berdosa, lalu mereka pun minta ampun kepada Allah, Allah pun ampuni dosa mereka.” (HR. Imam Muslim 2749)

Dalam hadist ini Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam ingin menyampaikan agar kita senantiasa memohon ampunan kepada Allah, senantiasa kita istighfar kepada Allah, senantiasa kita minta maaf kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Rasulullah yang sudah terjamin pengampunan dari Allah tetap beristighfar, meminta ampunan kepada Allah setiap hari. Nah bagaimana dengan kita yang belum terjamin pengampunan dosanya?Sudahkah beristighfar hari ini?

Bagi kita umat muslim yang mengakui Rasulullah sebagai teladannya maka sudah seharusnya mengikuti perbuatan Rasulullah, salah satunya beristighfar setiap hari.

Yuk langgengkan lisan kita beristigfar seperti Rasulullah!

Penulis: Madaniah

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *