3 Tips Tingkatkan Daya Ingat dari Sayyidina Ali bin Abi Thalib

by in Blog Oktober 15, 2021

Dikenal cerdas dan memiliki wawasan yang luas, Sayyidina Ali bin Abi Thalib dijuluki Babul Ilmi yang berarti gerbang ilmu. Kecintaan beliau terhadap pengetahuan terlihat dari tutur kata beliau yang mengandung hikmah, salah satunya:

“Ilmu itu lebih baik daripada harta, ilmu menjaga engkau dan engkau menjaga harta. Ilmu itu penghukum (hakim) sedangkan harta terhukum. Harta akan berkurang jika dibelanjakan tetapi ilmu akan bertambah jika diamalkan.”

Ali bin Abi Thalib

Sesuai kata mutiara tersebut, kali ini saya akan membagikan ilmu dari Sayyidina Ali yang dicantumkan dalam buku Nashaihul ‘Ibad karya Imam Nawawi al-Bantani.

Sayyidina Ali berkata:

ثلاث يزدن فى الحفظ و يذهبن الباغم السواك و الصوم و قراءة القران

“Tiga hal yang dapat memperkuat hafalan dan membersihkan lendir (dahak) yaitu bersiwak, berpuasa, dan membaca Al-Qur’an.

1. Bersiwak

“Bersiwak akan membuat mulut bersih dan mendatangkan ridha Allah.” (HR. An-Nasai dan Ahmad)

Dengan ridha itulah, insyaallah apapun akan Allah mudahkan, termasuk menjaga hafalan.

2. Berpuasa

Dilansir dari HaloDoc, ternyata berpuasa dapat memenuhi sumber energi yang diperlukan otak, memperbaiki sel-sel otak dan menstimulasi sel baru, mencegah penyakit alzheimer, dan meningkatkan fungsi otak.

Selain itu, puasa dapat melatih pelakunya mengendalikan hawa nafsu. Dengan berpuasa, kita dapat mencapai derajat takwa sesuai firman Allah dalam QS. Al-Baqarah ayat 183. Dan Allah berjanji bahwa barangsiapa bertakwa kepada Allah, maka dia akan diberikan jalan keluar, salah satunya kemudahan dalam menghafal.

3. Membaca Al-Quran

Energi positif dari ayat-ayat Quran yang dilantunkan dapat menjadi nutrisi otak yang paling berharga dan bahkan mungkin dapat mencegah dari penyakit yang menyerang saraf otak, seperti Alzheimer dan Demensia.

Dilansir dari shafa-alanshor.com

Selain mendapat kemudahan dan meningkatkan kekuatan hafalan, ketiga tips ini apabila dikerjakan juga insyaallah bernilai ibadah. Jadi, tips mana yang udah kamu coba?

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *