3 Rahasia Allah | Nasihat Muhammad bin Al-Baqir kepada Anaknya

by in Blog November 23, 2021

Nasihat yag berlaku untuk kita semua tentunya. Tapi sebelumnya, izinkan penulis bertanya!

Apakah kamu punya rahasia? Apa itu? Apa tujuanmu merahasiakannya? Malu? Menjaga nama baik? Menjaga perasaan orang lain? Apapun itu, pasti kamu punya tujuan.

Begitu juga dengan Allah. Segala sesuatu yang Allah rahasiakan tujuannya adalah untuk kebaikan hamba-Nya. Termasuk 3 rahasia Allah yang disebutkan dalam nasihat ini.

Abu al-Fadl an-Naisaburi dalam Majma’ al-Amsal mengutip perkataan Muhammad bin al-Baqir ketika menasihati puteranya yang bernama Ja’far:

“Wahai anakku, sesungguhnya Allah merahasiakan tiga hal ini:

Pertama, Allah menyembunyikan keridaanNya dalam sebuah kebaikan, maka jangan kau remehkan sekecil apapun kebaikan, bisa saja dari hal-hal kecil itu, Allah akan menurunkan kasih sayangNya.

Kedua, Allah menyembunyikan murkaNya bila kau melakukan segala macam kemaksiatan, maka jangan kau anggap remeh sekecil apapun dosa atau kemaksiatan itu, bisa saja dosa kecil menjadi sumber malapetaka yang mendatangkan kemurkaannya.

Ketiga, jangan meremehkan siapapun, dan jenis makhluk apapun, karena bisa saja ia lebih mulia di hadapanNya.

Sumber: BincangSyariah.com

Allah tidak akan menyepelekan sekecil apapun kebaikan yang kita lakukan. Dan siapapun atau bagaimanapun rupa kita Allah tidak peduli. Seseorang yang dipandang sebelah mata oleh manusia bisa jadi sangat berharga di mata Allah.

Jangan berhenti untuk saling menasehati, ya 🙂

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *