Blog

3 KEUTAMAAN PUASA ARAFAH: Yakin Nggak Mau?

by in Blog Juli 17, 2021

Sebelum lanjut, terlebih dulu awali dengan bismillah lalu baca:

نَوَيْتُ صَوْمَ عَرَفَةَ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى”

Saya niat puasa Arafah, Sunah karena Allah Ta’ala.”

Sudah?

(Jangan lupa sahur, ya, tar malem ☺️ hehe)

Biar tambah semangat menjalankan ibadah puasa Arafah, ketahui 3 keutamaan yang bisa kamu dapetin:

1. Penghapusan dosa

Manusia itu tempatnya salah dan lupa. Allah tahu, kok. Makanya Allah sangat mencintai hamba-Nya yang bertaubat dan menyucikan diri dari dosa. Nah salah satu caranya adalah dengan puasa Arafah.

“Dari Abu Qotadah, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Puasa Arofah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyuro (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu.” (HR. Muslim).

2. Termasuk amalan 10 hari pertama bulan Dzulhijjah

“Dari Ibnu ‘Abbas Radhiyallahu ‘anhuma bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: Tidak ada hari dimana amal shalih pada saat itu lebih dicintai oleh Allah daripada hari-hari ini, yaitu: Sepuluh hari dari bulan Dzulhijjah. Mereka bertanya: Ya Rasulullah, tidak juga jihad fi sabilillah? Beliau menjawab: Tidak juga jihad fi sabilillah, kecuali orang yang keluar (berjihad) dengan jiwa dan hartanya, kemudian tidak kembali dengan sesuatu apapun.” (HR. Imam Bukhori).

3. Melaksanakan Sunnah Rasulullah Shalallahu alaihi wassalam

“Ada empat perkara yang tidak pernah ditinggalkan oleh Rasulullah yaitu puasa asyura, puasa hari arafah, puasa tiga hari setiap bulan dan shalat dua rakaat sebelum subuh.” (HR. An Nasa’i dan Ahmad).

Menghidupkan Sunnah adalah cara kita membuktikan kecintaan kita kepada Allah SWT.Allah berfirman dalam QS. Ali Imran (3):31

Katakanlah: “Jika kamu (benar-benar) mencintai Allâh, ikutilah aku, niscaya Allâh mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu.” Allâh Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Selain itu, kamu juga berpeluang meraih pahala berlipat ganda dengan cara mengajak yang lainnya 🙂 Kalo udah gitu, kita bisa puasa bareng juga bisa buka bareng.

*Meskipun virtual, tapi tetap seru, kan?

#HidupkanSunnahNabi

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *