Strategi Orang Cerdas! Gunakan Rumus 4 B Ini Jika Kamu Benar-Benar Ingin Sukses

by in Blog Desember 1, 2021

“Langkah awal menentukan pijakan akhir. Berkat ikhtiar, takdir baik pun menghampiri.” Sebenarnya, apa sih definisi SUKSES menurut kamu? Kalau menurut KBBI,sukses artinya berhasil atau beruntung. Sedangkan menurut para ulama, kesuksesan yang hakiki adalah ketika kamu mampu mendapatkan Ridho-Nya. Siapa yang bisa mengetahui Allah Ridho atau tidak kepada seorang hamba?Tentu tidak ada yang tahu. Karena bisa […]

3 Keutamaan yang Diberikan Allah kepada Orang yang Menuntut Ilmu dengan Adab

by in Blog Desember 1, 2021

“Dahulukan adab sebelum ilmu, ilmu sebelum amal, kemudian sandingkanlah amal itu dengan keikhlasan.” Di zaman sekarang ini, banyak sekali manusia yang begitu semangat dan antusias menghadiri majelis-majelis dakwah untuk mempelajari ilmu agama. Tapi sayangnya, kita lupa atau bahkan mengabaikan perihal adab. Padahal adab adalah pokok penting setelah keikhlasan dari setiap amal yang kita kerjakan. Sahabat, […]

Boleh Beramal, Asal Jangan Terlampau Shalih! (Simak Penjelasannya)

by in Blog November 29, 2021

Tidak ada yang salah dengan judul. Sebagai ummat muslim, pastinya kitaberlomba-lomba menabung amal terbaik untuk akhirat, bukan? Tapi coba pahamilah, segala sesuatu itu ada haknya. Allah pun tidak memaksa kita untuk terlampau Shalih alias berlebihan dalam beramal. Maksudnya berlebihan yang bagaimana? Seperti yang kita ketahui, bahwa sebaik-baik perkara adalah yang pertengahannya, dan segala sesuatu pun […]

Selain Doa, Ini yang Rasulullah Baca Ketika Bangun Tidur

by in Blog November 26, 2021

“Barangsiapa yang menghidupkan satu sunnah dari sunnah-sunnahku, kemudian diamalkan oleh manusia, maka dia akan mendapatkan (pahala) seperti pahala orang-orang yang mengamalkannya, dengan tidak mengurangi pahala mereka sedikit pun.“ HR. Ibnu Majah “Bangun tidur kuterus mandi . . . ” adalah lirik lagu masa kecil yang mungkin masih kita ingat sampai detik ini. Namun jangan bilang […]

Profesi Mulia: Pelopor Kebaikan Yang membangun Peradaban

by in Blog November 25, 2021

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ اْلقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ ”Sebaik-baik orang di antara kamu adalah orang yang belajar Al Qur’an dan mengajarkannya.” (HR.Bukhori) Tidak ada profesi yang paling mulia dari pada profesi yang mengajak/mengajarkan kebaikan pada orang lain. Profesinya para Anbiya’ yang sampai saat ini, masih diamalkan oleh para ulama. Bisa kita bayangkan, bagaimana jadinya jika kita hidup di […]

Biar Ilmu Berkah, Murid Wajib Tahu Doa Ini!

by in Blog November 25, 2021

“Daging para ulama itu mengandung racun.” Perkataan salaf Eh, maksudnya apa? Jangan emosi dulu, ya! Ini bukan hujatan, kok. Pastikan kamu tidak meninggalkan artikel ini sebelum mengetahui maksud perkataan tersebut. Pertanyaannya bukan ‘apa yang dikonsumsi oleh ulama, tapi siapa yang memakan daging ulama,. Ya, daging ulama itu mengandung racun hanya jika dimakan. Apa maksudnya? Sahabat […]

2 Macam Bentuk Kesabaran, Tidak Semua Orang Memilikinya

by in Blog November 24, 2021

“Bersabarlah, karena kesabaran adalah sebuah pilar keimanan.” -Ali bin Abi Thalib- Kalau membahas tentang sabar, sepertinya tidak semua sepakat bahwa sabar itu tidak ada batasnya. Ali bin Abi Thalib mengatakan, “Kesabaran itu ada dua macam, pertama sabar atas sesuatu yang tidak kau inginkan, dan kedua sabar menahan diri dari sesuatu yang kau inginkan.” Akan kita […]

3 Rahasia Allah | Nasihat Muhammad bin Al-Baqir kepada Anaknya

by in Blog November 23, 2021

Nasihat yag berlaku untuk kita semua tentunya. Tapi sebelumnya, izinkan penulis bertanya! Apakah kamu punya rahasia? Apa itu? Apa tujuanmu merahasiakannya? Malu? Menjaga nama baik? Menjaga perasaan orang lain? Apapun itu, pasti kamu punya tujuan. Begitu juga dengan Allah. Segala sesuatu yang Allah rahasiakan tujuannya adalah untuk kebaikan hamba-Nya. Termasuk 3 rahasia Allah yang disebutkan […]

Maskanul Lughoh Gelar Tarqiyatul Lughoh Arabiyyah

by in Blog, Info Maskan November 22, 2021

Belum genap 2 bulan belajar di Maskanul Lughoh, keterampilan berbahasa Arab para santri patut diacungi jempol. Mereka telah membuktikannya dalam Ma’rod Arab yang digelar Sabtu malam, 20 November 2021. Tujuan acara tersebut sebagaimana tema yang diangkat yaitu sebagai Ajang Tarqiyatul Lughoh ‘Arabiyyah Spektakuler. Tarqiyah sendiri memiliki arti peningkatan. Melalui Ma’rod Arab ini, kemampuan bahasa Arab […]

Motivasi Pagi: “Rencanamu Menghancurkanmu”

by in Blog November 22, 2021

Seperti biasa. Setiap pagi sebelum memulai aktivitas kerja, para pengurusMaskanul Huffadz mengawali hari dengan kegiatan mengaji dan memberimotivasi bergantian secara berjadwal. Pagi ini, motivasi pagi diisi oleh Ustadzah Vita Andriani Putri, selaku pengurus yang bertugas sebagai Chef 1 di Sahla Home Kitchen Maskanul Huffadz Bintaro. Sebelum menyampaikan motivasi, beliau mengatakan, “Simple word but have deep […]

Imam Asy-Syafi’i Tidak Berwudhu Ketika Shalat Subuh di Rumah Imam Ahmad, Ini Alasannya

by in Blog November 20, 2021

Dikisahkan oleh Al-Ustadz Amir As-Soronji, M. PD. I. Rahimahullahu ta’ala. Suatu ketika, Imam Asy-Syafi bertamu sekaligus bermalam ke rumah Imam Ahmad. Saat itu, keluarga Imam Ahmad menghidangkan makanan yang banyak untuk tamunya, Imam Asy-Syafi’i. Imam Asy-Syafi’i menyantap hidangan itu dengan sangat lahap dan banyak. Keluarga Imam Ahmad memperhatikan Imam Asy-Syafi’i sejak pertama kali beliau datang. […]

Serius Mau Ngafal Quran? Hindari 9 Hal Ini!

by in Blog November 20, 2021

Assalamu’alaikum, Calon Keluarga Allah! Artikel ini spesial untuk kamu yang sedang berjuang menjadi penghafal Al-Quran. Mungkin kamu sudah mencoba banyak cara tapi belum maksimal. Sudah gonta-ganti metode tapi masih gagal. Barangkali penghambatnya ada di antara 9 hal berikut ini: Hindari sikap tidak sopan pada guru Bukan hanya guru yang menerima setoranmu, tapi semua guru. Dari […]

Hindari, Penyakit 3M Menyebabkan Cara Pandang Kita Negatif

by in Blog November 19, 2021

“Cara pandang seseorang, menentukan kualitas hidup seseorang.” -Jamil Azzaini- Ada 3 hal yang menyebabkan cara pandang kita menjadi negatif, yaitu: 1. Menyalahkan  Terbiasa menyalahkan orang lain akan akan menyebabkan cara pandang kita negatif.  Hal ini telah dijelaskan dalam Al-Qur’an surah Al-Hujurat ayat 12, Allah berfirman: يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اجْتَنِبُوْا كَثِيْرًا مِّنَ الظَّنِّۖ اِنَّ بَعْضَ الظَّنِّ […]

Hafal Beberapa Juz Kemudian Lupa? Ini Nasihat Prof. Dr. Sulaiman Ar-Ruhaili

by in Blog November 19, 2021

Perjuangan menjadi penghafal Al-Quran tidak berhenti pada selesainya setoran. Bahkan ulama-ulama terdahulu yang telah mutqin hafalannya tidak pernah lengah dalam mengulang-ulang hafalan. Sayangnya, iman kita belum seteguh ulama terdahulu. Jauh sekali perbandingannya. Tapi itu bukanlah alasan untuk memaklumi hafalan yang terlupakan. Bagaimanapun, hafalan ini kelak akan dipertanggungjawabkan. Di kanal YouTube ShahihFiqih, dalam durasi 6 menit […]

Bosan Beraktivitas Tapi Sukses, Kok Bisa?

by in Blog November 19, 2021

Rasa bosan, malas, futur, biasanya disebabkan karena lelah menjalani aktivitas yang bersifat itu-itu saja. Manusiawi memang. Sangat wajar jika hal itu pernah terjadi pada diri kita. Pasti sering timbul pertanyaan dalam benak kita masing-masing, “Apa cuma saya yang merasakan bosan?”, “Kok dia happy banget ya, seperti gak ada masalah dalam hidupnya?” Menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan […]

Coba Periksa! 1 Amal Ini Bisa Membawamu ke Surga atau Bahkan Menyeretmu ke dalam Neraka

by in Blog November 17, 2021

Hampir seluruh manusia yang ada di bumi ini percaya, bahwa surga dan neraka adalah akhir dari perjalanan hidup di dunia. Semua pun berlomba-lomba mempersiapkan amal terbaik, demi mendapatkan tempat akhir yang baik pula. Ada sebuah qoutes dari orang bijak, beliau mengatakan: “manusia itu mampu, mampu menjaga penampilannya, mampu menjaga hartanya, mampu menjaga nama baiknya. Namun, […]

Ini yang Terjadi Jika Allah Tidur | Pertanyaan Yahudi kepada Nabi Musa as.

by in Blog November 17, 2021

“Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan juga tidak tidur. . . “ Al-Baqarah/2: 255 Ayat ini merupakan jawaban atas pertanyaan Yahudi kepada Nabi Musa ‘alaihisssalam. Namun pada saat itu, Al-Quran belum diturunkan. Adapun Taurat tidak memuat ayat kursi yang agung ini. […]

Satu-Satunya Cara Berjuang Tanpa Berusaha (dalam Hal Apa pun)

by in Blog November 16, 2021

“Setiap orang memiliki tujuannya masing-masing, memiliki mimpi dan cita-citanya masing-masing, juga memiliki harapan dan keinginannya masing-masing.” Nah, ini bukan sebuah kebetulan. Mengapa?  Karena, di antara ribuan bahkan jutaan manusia yang sedang aktif di media sosial, kamu adalah orang yang sudah Allah pilih untuk meng-klik artikel ini.  Artinya, ada sesuatu kebaikan yang akan Allah kasi, jika […]

Panggilan Ibu dalam Islam dan Perbedaannya

by in Blog November 15, 2021

Dari Mu’awiyah bin Haidah Al Qusyairi radhiallahu’ahu, beliau bertanya kepada Nabi:”Wahai Rasulullah, siapa yang paling berhak aku perlakukan dengan baik? Nabi menjawab: Ibumu. Lalu siapa lagi? Nabi menjawab: Ibumu. Lalu siapa lagi? Nabi menjawab: Ibumu. Lalu siapa lagi? Nabi menjawab: ayahmu, lalu yang lebih dekat setelahnya dan setelahnya.” (HR. Bukhari) Apa panggilanmu untuk wanita paling […]

Nilai Dunia Setara dengan Sepotong Roti, Begini Tanggapan Imam Asy-Syafi’i

by in Blog November 13, 2021

Kalau bicara soal dunia, banyak dari kita yang sudah tahu, bahwa dunia ini tidak kekal dan bersifat sementara. Namun, hanya sedikit dari kita yang peduli tentang berita itu. Bahkan, sebagian manusia menganggap berita kematian, alam kubur, yaumul hisab, dan segala hal yang berhubungan dengan akhirat, hanya sebagai kabar angin semata. Manusia gila dengan dunia. Mengejar […]

Sifat Rendah Ini Akan Menaikkan Derajat Seseorang

by in Blog November 13, 2021

Di zaman sekarang, tidak sedikit orang yang merasa dirinya mampu dalam segala hal. Baik itu diungkapkan secara langsung maupun tidak. Islam sudah mengingatkan berulang kali tentang larangan bersikap sombong. Namun, sering kali kita mengabaikan perintah ini. Tahukah kamu? Sombong adalah pakaian Allah. SWT, karena hanya Allah yang pantas memakainya. Dia-lah yang berkuasa atas segala sesuatu. […]

Tampil di Depan Bang Ryan, Penampilan Hadroh Maffaz Ikhwan Emang Jagoan!

by in Blog November 11, 2021

“Mungkin nadanya sudah familiar, tapi liriknya kami ciptakan sendiri terkhusus untuk Abang Ryan dan Kakak Ricis . . .” Yusril Ihza Mahendra, vokalis hadroh Maffaz Ikhwan Melanjutkan acara pengajian Kak Ricis pada Jum’at, 5 November lalu, pengajian bersama keluarga besar Bang Ryan digelar di aula Maskanul Huffadz. (10/11) Jika sebelumnya tim hadroh akhwat berkesempatan tampil […]

3 Fakta Menarik dari Film Sisterlillah The Movie (Siblings Version) Karya Teladan Cinema yang Berhubungan dengan Maskanul Huffadz

by in Blog November 11, 2021

Ada beberapa fakta menarik yang mungkin belum diketahui oleh banyak orang, seputar film Sisterlillah yang diperankan oleh 3 kakak beradik ini (Umma Oki, Dr. Shindy, Ria Ricis). Langsung saja, kita akan bahas tiga fakta menarik itu… Pertama, beberapa scene yang dilakukan langsung di Pesantren Maskanul Huffadz Awal November (Rabu, 3/11/21) beberapa hari yang lalu, sekitar […]

Maffaz Ikhwan Gelar Syukuran Khataman, Umma Oki: Lebih Mengharukan

by in Blog November 11, 2021

Program setoran santri Maskanul Huffadz Ikhwan berbeda dengan santri akhwat. Dalam sehari santri akhwat ditargetkan setoran minimal 4 halaman, sedangkan ikhwan hanya 2 halaman. Hal in dikarenakan, Ustadz Ramdhan Ali Mantiri, Lc. selaku pengasuh tahfidz ikhwan sangat menekaankan kualitas bacaan dibanding kuantitas setoran. Untuk itu, sebelum menghafal, mereka ditalaqqi terlebih dahulu untuk memastikan bacaan nya […]

Dibalik Seruan Takbir Bung Tomo, Lengkap dengan Isi Pidato

by in Blog November 10, 2021

“Andai tak ada takbir, saya tak tau dengan cara apa membakar semangat para pemuda untuk melawan penjajah.” Bung Tomo Meski bukan seorang santri yang mendalami ilmu agama di pesantren, Bung Tomo tumbuh dekat dengan kiyai maupun ulama. Beliau dikenal sebagai tokoh yang shaleh. Masyaallah-nya lagi, beliau menghembuskan nafas terakhirnya di Padang Arafah ketika sedang menunaikan […]

4 Alasan Manusia Takut Mati | Menurut Imam Al-Ghazali

by in Blog November 9, 2021

Kemarin keluarga besar Maskanul Huffadz mendapat kabar duka. Seorang santri alumni telah meninggal dunia setelah menderita sakit parah beberapa waktu. Kematian adalah sebaik-baik nasihat. Dari berita tersebut maupun berita meninggalnya publik figur beberapa hari sebelumnya, kita belajar bahwa kematian amat dekat. Tapi bukan berarti kematian itu ditakuti. Kematian adalah awal dari kehidupan yang sebenarnya, kehidupan […]

Launching Buku Antologi “Menuju Cahaya Allah”: Karya Pertama dari Alumni Santriwati Maskanul Huffadz

by in Blog, Info Maskan November 9, 2021

Alhamdulillah, kini santriwati Maskanul Huffadz telah melahirkan sebuah karya buku antologi yang berjudul Menuju Cahaya Allah. Karya ini berisi tentang kisah-kisah untuk menjadi keluarganya Allah. Ditulis oleh 20 orang santri alumni Maskanul Huffadz. Hasil keuntungan dari penjualan buku ini, akan diberikan sepenuhnya untuk pengembangan dakwah Al-Qur’an di Maskanul Huffadz. Di hari Ahad yang lalu, tepat […]

Maskanul Huffadz Nobar Film Merindu Cahaya De Amstel, bersama Pemeran Ustadzah Fatimah

by in Blog November 9, 2021

وَلَا تَهِنُوْا وَلَا تَحْزَنُوْا وَاَنْتُمُ الْاَعْلَوْنَ اِنْ كُنْتُمْ مُّؤْمِنِيْنَ “Don’t be weak, don’t be sad. You truly have the highest position, if you are a person with faith.” “Dan janganlah kamu (merasa) lemah, dan jangan (pula) bersedih hati, sebab kamu paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang beriman.” (QS. Ali Imran 139) Sabtu, 6 November 2021 […]

Menutrisi Hati dengan Motivasi Pagi: Cara Menghadapi Rasa Kecewa

by in Blog November 9, 2021

Para pengurus yang ada di Pesantren Tahfidz Maskanul Huffadz, setiap pagi mengawali hari dengan membaca Al-Quran 1 hari 1 juz, beserta surah amalan lainnya. Setelah itu, sebelum semua pengurus kembali pada pekerjaannya masing-masing, mereka dijadwalkan untuk memberi motivasi harian, satu orang per harinya. Motivasi harian terkadang berupa quotes, kisah pengalaman orang-orang hebat, nasihat-nasihat ulama, amalan-amalan […]

Kajian Virtual Penuh Manfaat: Meneladani Semangat Belajar Para Ulama

by in Blog November 9, 2021

“Setiap orang punya tujuan, tapi tidak semua bisa sampai pada tujuan.” (Dosen Universitas Al-Azhar cairo) Setiap pekan, Pesantren Tahfidz Maskanul Huffadz mengadakan program kajian rutin di setiap hari Jum’at. Program ini diberi nama “KATUPAT” yaitu singkatan dari “Kajian Virtual Penuh Manfaat”. Program dakwah ini, biasanya diisi langsung oleh UmmaOki Setiana Dewi secara virtual/daring melalui aplikasi […]

17 Santriwati Maskanul Huffadz Khataman Al-Qur’an, Selalu Mengharukan!

by in Blog November 8, 2021

” . . . dan bahwa manusia hanya memperoleh apa yang mereka usahakan.” An-Najm/53: 39 Kamis, 4 November 2021 akan menjadi tanggal yang tak terlupakan bagi 17 khatimat ini. Setelah bermujahadah, melawan kantuk, berteman lelah, dan memantapkan hati agar selalu lillah, akhirnya mereka telah menyelesaikan setoran hafalan 30 juz. Membacakan setoran terakhir di depan orang […]

Keutamaan Memiliki 3 Anak Perempuan

by in Blog November 5, 2021

“Dan apabila seseorang dari mereka diberi kabar dengan (kelahiran) anak perempuan, hitamlah (merah padamlah) mukanya, dan dia sangat marah.” [An-Nahl/: 58] Santri Maskanul Huffadz bahagia sekali. Selasa,2 November 2021, mereka kembali terlibat dalam pembuatan film Sisterlillah bersama tim produksi Teladan Cinema. Selama shooting, kami menyaksikan kompaknya Umma Oki, Dr. Shindy, dan Kak Ricis. Kami juga […]

Kunci Kesuksesan yang Sering Kali Terlupakan dan Diabaikan oleh Banyak Orang

by in Blog November 3, 2021

Di zaman sekarang ini, banyak sekali orang yang menjadikan kesuksesan sebagai “Goals” dalam hidupnya. Mulai dari anak kecil, remaja, bahkan yang tua sekalipun mendambakan sebuah kesuksesan dalam hidupnya. Tapi siapa sangka? Ternyata masih banyak yang belum tahu kunci sukses yang paling utama, bahkan hal ini sering terlupakan dan diabaikan oleh banyak orang. Kunci sukses ini […]

4 Santriwati Khatam Al-Quran, Maskanul Huffadz Jambi Gelar Syukuran

by in Blog, Gallery Foto November 2, 2021

“Berjihadlah kamu di jalan Allah dengan jihad yang sebenar-benarnya.” (al-Hajj/22: 78) Adanya santri yang khataman adalah kabar bahagia di Maskanul Huffadz. Meski nyaris setiap bulan, momen ini tetap saja berkesan. Kemarin Ahad, 31 November 2021, 4 santriwati menyetorkan hafalan terakhir mereka. Orang tua/wali turut hadir menyaksikan dengan penuh keharuan yang tak bisa diwakilkan kata-kata. Masjid Ar-Raudhoh Jambi […]

Kunjungan Syekh Saeb Helles Ke Pesantren Tahfidz Maskanul Huffadz, dalam Rangka Safari Dakwah Pengembangan Al-Qur’an

by in Blog, Info Maskan November 1, 2021

Bertepatan pada Hari Sumpah Pemuda (Kamis, 28-Oktober-2021), Pesantren Tahfidz Maskanul Huffadz kedatangan tamu spesial dari Palestina, yaitu Syekh Saeb bin Muhammad bin Muhammad bin Helles. Beliau adalah seorang penghafal Al-Qur’an bersanad, Penceramah, Imam dan khatib tetap di salah satu masjid Palestina. Bukan hanya itu, Syekh kelahiran tahun 1994 ini adalah alumni dan juga merupakan seorang […]

5 Perkara Sebelum 5 Perkara: Ingat Biar Nggak Rugi

by in Blog November 1, 2021

“Demi masa. Sesungguhnya manusia kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman dan beramal shaleh serta saling menasehati dalam kebenaran dan saling menasehati dalam kesabaran.” (Al-Asr/103: 1-2) Hidup di dunia ini sangat-sangat singkat. Namanya juga tempat singgah, sebagai mukmin, kita tidak boleh ‘betah’ berlama-lama. Namun waktu luang dan senda gurau membuat kita lalai. Lalai mengingat 5 perkara sebelum […]

Salah Satu Kunci Kuatnya Hafalan Sayyidina Ali (Rahimahullah)

by in Blog Oktober 29, 2021

Ali bin Abi Thalib dikenal sebagai sahabat yang paling cerdas dan sangat kuat hafalannya. Beliau bergelarkan Babul Ilmi (Gerbang Pengetahuan). Namun siapa sangka, beliau pernah mengeluhkan kemampuannya dalam menghafal kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Abdullah Ibn Abbas RA pernah bercerita, “Suatu ketika, kita berada di satu majelis bersama Rasulullah Muhammad SAW, tiba-tiba Ali ibn Abi […]

7 Cara Agar Terlepas dari Kebiasaan Buruk dan Tidak Kembali Lagi

by in Blog Oktober 29, 2021

Setiap manusia pasti pernah punya kebiasaan buruk, ada yang berhasil mengubah kebiasaannya menjadi baik, dan sebagian lagi ada yang masih merasa berat untuk meninggalkannya.  Mungkin, Anda yang membaca tulisan ini, pasti sedang mencari solusi, bagaimana caranya agar diri Anda menjalani hidup dengan kebiasaan-kebiasaan yang baik dan bersifat positif.  Beruntung, siapa pun Anda adalah orang yang dipilih Allah untuk membaca artikel ini.  Semoga, setelah membaca tulisan ini, Anda mendapat manfaat sekaligus bisa menerapkannya langsung dalam keseharian Anda.  Menyadari Tujuan Hidup Bagaimana mungkin kita bisa terlepas dari kebiasaan buruk, sedangkan tujuan hidup saja pun kita tidak tahu.  Apa sebenarnya tujuan hidup kita? Sungguh rugi, jika kita masih belum tahu, tentang tujuan kita, di umur kita yang mungkin sudah berkepala dua, tiga, atau bahkan 40 tahunan lebih.  Telah tercantum di dalam Al-Qur’an, untuk apa kita diciptakan.  وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْاِنْسَ اِلَّا لِيَعْبُدُوْنِ Yang artinya: “Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku.” (QS. Adz-zariyat:56)  Mengingat Nikmat Yang Telah Allah Berikan Dengan rahmat dan kasih sayangNya, Allah telah melimpahkan nikmat yang tak terhitung banyaknya. Namun, betapa banyak manusia yang tidak pandai bersyukur.  Mulai dari oksigen gratis untuk bernafas, rezeki makan yang tak putus, nikmat mata yang melihat dengan jelas, sampai perkara-perkara sepele lainnya pun masih Allah beri.  Dan parahnya, kita sanggup mendurhakai Allah atas segala nikmat yang telah Dia berikan kepada kita.  Berhati-hatilah jika Allah masih memberikanmu rezeki dalam kemaksiatan, itu artinya Allah sedang menghukummu melalui istidraj.  Sebagaimana ditegaskan Rasulullah SAW dalam hadits yang diriwayatkan Uqbah bin ‘Aamir RA. “Apabila engkau melihat Allah memberi seorang hamba kelimpahan dunia atas maksiat-maksiatnya, apa yang ia suka, maka ingatlah, sesungguhnya hal itu adalah istidraj.” Memahami Mudharat/Kerugian Yang Akan Didapat Untuk terlepas dari kebiasaan buruk, kita harus paham tentang kerugian yang kita dapat, jika kita masih tetap melakukannya.  Sebagai seorang muslim, Islam memerintahkan Ummat untuk selalu menimbang segala sesuatu.  Tindak tanduknya harus dipertimbangkan dengan baik. Setiap kali ingin berbuat maksiat, atau kebiasaan buruk, coba katakan dalam hati kita, “Kalau aku melakukan hal ini, apakah Allah Ridho?” Waktu Luang = Memberi Peluang Bagi Setan Iman seseorang terkadang berkurang dan bertambah. Untuk menjaga diri dari halhal yang tidak Allah Ridhoi, adalah dengan cara tidak membiarkan diri kita memiliki waktu luang.  Karena adanya waktu luang, akan memberi kesempatan pada setan untuk menggoda kita agar terjerumus dalam dosa maupun hal yang sia-sia.  Jadi, bagaimana solusinya?  Solusinya adalah dengan menyibukkan diri dengan kebaikan, sesibuk-sibuknya. Perbanyak mendekatkan diri kepada Allah ataupun kegiatan positif lainnya.  Insyaallah, kebiasaan buruk pun terhindarkan.  Lingkar Pertemanan yang Baik Keempat hal di atas belum cukup untuk bisa melepaskan diri dari kebiasaan buruk.  Kita adalah manusia, yang pastinya tak luput dari salah dan khilaf. Untuk itu, kita butuh teman, sahabat, lingkar pertemanan yang baik, yang bisa mengingatkan kita ketika salah, dan menegur kita ketika sedang lupa.  Jika kita ada di dalam lingkar pertemanan yang baik, makan banyak sekali keuntungan yang kita dapatkan. Salah satu yang paling berharga adalah, bisa menjadi saksi ketika di yaumul hisab kelak.  Sudahkah kamu temukan? Kalau belum, segera cari, kemudian genggam erat sampai ke surga.  Periksa Hati yang Mati Kalau lima cara di atas masih belum mempan untuk membuatmu terlepas dari kebiasaan buruk, coba periksa hatimu. Mungkin ada yang salah di dalamnya.  Entah karena terlalu kotor, atau sudah mengeras karena terlalu sering berbuat maksiat? Atau jangan-jangan, hatinya sudah mati? Sehingga nasihat apa pun tidak lagi berguna. Nau’dzubillah…  Semoga hari kita tidak tergolong dalam kategori penyakit hati yang disebutkan barusan.  Tapi, bagaimana caranya kita tahu?  Mungkin ini penyebabnya: Terlalu banyak tertawa Sering iri dan dengki Berprasangka buruk Merasa diri lebih baik Tidak bersyukur Lalai dari mengingat Allah Tidak pernah mengingat kematian Dan masih banyak yang lainnya…  Doa Dengan Sungguh-Sungguh […]

Waspada! Buat yang Sering Menyepelekan Memotong Kuku

by in Blog Oktober 28, 2021

Seharusnya kita bersyukur menjadi bagian dari muslim. Karena Islam adalah agama yang tertib.  Mulai dari hal besar hingga hal-hal kecil pun telah diatur semuanya sesuai dengan ajaran Rasulullah. Saw.  Jika perkara kecil aja kita abaikan, bagaimana halnya dengan perkara yang lebih besar? Sudah tidak asing lagi, memotong kuku menjadi hal yang sering kali dianggap remeh. […]

Ciri Pemuda yang Allah Kagumi

by in Blog Oktober 28, 2021

Kamu, yang sedang membaca ini, semoga Allah menjadikanmu termasuk pemuda yang dikagumi-Nya. Bukankah itu tujuanmu datang ke laman ini? Kamu jelas tidak seperti pemuda kebanyakan yang sibuk memperelok rupa dan penampilan demi dikagumi oleh pasangan. Untuk itu, aku ingin bilang bahwa aku kagum padamu. Pemuda yang lebih memilih untuk membuat kagum Rabbnya. Pemuda seperti apa […]

Maskanul Huffadz Gelar Peringatan Maulid Nabi dan Hari Santri

by in Blog, Gallery Foto Oktober 26, 2021

Maulid Nabi tahun ini bertepatan dengan tanggal 20 Oktober 2021. Sedangkan hari santri menyusul dua hari selanjutnya, yakni 22 Oktober 2021. Kedua momen penting ini tentu sayang untuk dilewatkan. Namun, mengadakan dua acara di hari terpisah akan mengganggu kegiatan belajar para santri yang saat ini sedang mempersiapkan tasmi’. Maka dari itu, pada Ahad, 24 Oktober, […]

3 Cara Ampuh Membasmi Mental “Sok Bersih”

by in Blog Oktober 25, 2021

Siapakah Orang Yang “Sok Bersih Itu? Menurut KBBI (Kamus besar bahasa Indonesia), kata “sok” memiliki beberapa arti, salah satunya adalah “berlagak-merasa mampu” dan sebagainya, tetapi sebenarnya tidak. Perlu diketahui, bahwa sifat pembersih dan sok bersih adalah dua hal yang jauh berbeda.Orang yang mencintai kebersihan adalah mereka yang membenci segala hal yang bersifat jorok dan kotor. […]

Kisah Inspiratif: Ular Mencoba Terbang, Elang pun Dipaksa Berenang

by in Blog Oktober 25, 2021

Di suatu tempat, terdapat satu bangunan sekolah, yang mana sekolah itu dibuka untuk setiapkalangan, termasuk binatang-binatang yang ada di hutan. Para binatang pun bersemangat untuk mengikuti semua kegiatan yang sudah ditetapkan oleh sekolah itu. Murid yang ada di sekolah itu cukup banyak, yang sebagiannya didominasi oleh binatang seperti gajah, katak, burung elang, bebek, ular, jerapah, […]

Agar Tidak Pelupa, Amalkan Doa Ini Setiap Hari!

by in Blog Oktober 21, 2021

“Orang-orang munafik laki-laki dan perempuan, satu dengan yang lain adalah (sama), mereka menyuruh (berbuat) yang mungkar dan mencegah (perbuatan) yang makruf dan mereka menggenggam tangannya (kikir). Mereka telah melupakan (meninggalkan perintah) Allah, maka Allah melupakan mereka (pula). Sesungguhnya orang-orang munafik itulah orang-orang yang fasik.” At-Taubah ayat 67 Manusia berasal dari kata bahasa Arab yang artinya […]

Inilah Salah Satu Penyebab Terhalangnya Masuk Surga

by in Blog Oktober 21, 2021

Sudah kita ketahui bahwa nafsu lah yang mendorong manusia ke arah yang tidak baik. Tapi, kenapa Allah menciptakan nafsu pada manusia? Untuk menjawabnya, sababat pembaca harus tahu bahwa manusia adalah makhluk yang paling sempurna dibanding malaikat yang tidak memiliki nafsu dan hewan yang tidak memiliki akal. Sementara manusia memiliki keduanya. Yang mana, jika ia bisa […]

EDISI MAULID: Keagungan Nabi Muhammad dalam Al-Qur’an

by in Blog Oktober 20, 2021

Al-Quran sebagai pedoman hidup seorang muslim merupakan kitab suci yang abadi. Sudah seharusnya seorang muslim mengetahui bahwa kitab sucinya sangat mengagungkan Nabi-nya dalam banyak ayat. Diantaranya: A. Dipanggil Tidak Langsung Dengan Namanya Ketika Allah memanggil para Nabi di dalam al-Quran, para Nabi diapanggil langsung dengan namanya, contohnya: يَا آدَمُ اسْكُنْ أَنْتَ وَ زَوجُكَ الجَنَّةَ (البقرة […]

Ternyata, Inilah Sosok yang Dirindukan Bumi

by in Blog Oktober 19, 2021

Lebih dari 1000 tahun silam… Seorang anak lahir dari sosok ibu yang mulia nan cerdas. Pada saat melahirkan, sang ibu tidak mengalami rasa sakit. Namun, bayi tersebut lahir tanpa kehadiran sosok ayah, dikarenakan ayahnya meninggal dunia ketika bayi tersebut masih berada di dalam kandungan ibunya. Bayi ini berasal dari keturunan-keturunan mulia yang disegani lagi dihormati. […]

Cinta Rasulullah? Ketahui 5 Kemuliaannya Dibanding Nabi yang Lain!

by in Blog Oktober 19, 2021

“Kami tidak membeda-bedakan seorang pun dari rasul-rasul-Nya.”  Al-Baqarah: 285 Sebelum mengupas 5 kemuliaan Rasulullah shallahu ‘alaihi wasallam, perlu digarisbwahi bahwa semua nabi diutus dengan tujuan yang sama yaitu menyebarkan agama tauhid: Islam. Adapun tafsir ayat di atas adalah perkataan orang beriman bahwa mereka mengimani semua rasul. Sedangkan orang kafir mengingkari sebagian rasul. Setiap nabi memiliki […]

Mengharukan: Muhadhoroh Terakhir Maskanul Huffazd Pusat

by in Blog, Gallery Foto Oktober 18, 2021

Muhadhoroh adalah program bulanan di Maskanul Huffadz yang bertujuan untuk melatih santri berbicara di depan umum. Selain lomba pidato, dalam acara itu juga ada penampilan-penampilan yang menjadi wadah bagi para santri untuk menunjukkan minat dan bakatnya. Teater, salah satunya. Teater yang ditampilkan pada muhadhoroh yang bertema Santri Berjaya Teladani Akhlak Rasulullah tersebut menggambarkan kerinduan mereka […]

Sering Terlupakan, Inilah Sebaik-baik Pakaian

by in Blog Oktober 18, 2021

Seperti yang telah kita ketahui, bahwa pakaian adalah kebutuhan dasar bagi manusia, karena fungsinya yang tidak bisa terlepas dari kehidupan kita sehari-hari, sehingga pakaian menjadi kebutuhan pokok bagi setiap individu. Namun, yang akan dibahas kali ini bukanlah pakaian yang biasa dikenakan oleh orang banyak. Akan tetapi, pakaian kemuliaan, yang mana bila kita memakainya, maka kemuliaan […]

Kisah Kapal Berlayar tanpa Nahkoda

by in Blog Oktober 18, 2021

Suatu ketika, seorang pemuda terkejut, bangun dari tidurnya. “Astaga, aku harus bersiap,” serunya. Lantas, pemuda itu bergegas sigap untuk berbenah diri. Setelah bersiap, ia langsung pergi meninggalkan rumah, berlari sekencang mungkin. Di perjalanan, ia melewati jalan raya, dan masih terus berlari. Melewati hutan, tetap saja berlari, sampai melewati sungai, ia pun berenang menyebrangi sungai itu […]

3 Tips Tingkatkan Daya Ingat dari Sayyidina Ali bin Abi Thalib

by in Blog Oktober 15, 2021

Dikenal cerdas dan memiliki wawasan yang luas, Sayyidina Ali bin Abi Thalib dijuluki Babul Ilmi yang berarti gerbang ilmu. Kecintaan beliau terhadap pengetahuan terlihat dari tutur kata beliau yang mengandung hikmah, salah satunya: “Ilmu itu lebih baik daripada harta, ilmu menjaga engkau dan engkau menjaga harta. Ilmu itu penghukum (hakim) sedangkan harta terhukum. Harta akan […]

3 Level Sabar: Cek Tingkat Kesabaranmu!

by in Blog Oktober 14, 2021

“Nabi Shollallohu alaihi wasallam bersabda: ‘Allah ta’ala mewahyukan kepada Musa bin Imran -alaihimas salaam-: ‘Hai Musa, barang siapa tidak ridho dengan takdir-Ku, tidak bersabar atas cobaan-Ku, tidak bersyukur atas nikmat-Ku, maka keluarlah dari antara bumi dan langit-Ku, dan carilah Tuhan selain-Ku.’” Hadits Tiada Tuhan selain Allah, itulah keyakinan kita sebagai seorang muslim yang beriman. Untuk […]

4 Quotes Ampuh Anti Ngeluh

by in Blog Oktober 14, 2021

Sampai hari ini, masih adakah orang yang menyerah? Tidak sedikit orang yang lelah menjalani hidup, merasa diri paling dirugikan, mencela nasib karena kurang beruntung, bahkan ada yang sampai mengatakan “Allah itu gak adil”, dan akhirnya memilih pasrah, berhenti mempertahankan hidup alias mati bunuh diri. Na’udzubillaah . . . Eits, tawakkal dan pasrah itu dua hal […]

Sheikh Ali Jaber: Manfaat Mendengar Murottal Saat Tidur

by in Blog Oktober 6, 2021

“Alhamdulillah, terima kasih! Sangat bermanfaaat ilmunya. Semoga Sheikh Ali Jaber husnul khatimah,” tulis warganet di kolom komentar YouTube Love Islam. Dalam video berdurasi lebih dari satu jam itu, banyak sekali ilmu yang beliau sampaikan. Salah satu yang beliau bahas adalah manfaat mendengarkan bacaan Al-Quran ketika tidur. Itulah kebiasaan sahabat-sahabat saya ketika kami masih program menghafal […]

20 Santri Maskanul Huffadz Angkatan 3 Mulai KBM

by in Blog Oktober 2, 2021

Masjid butuh imam dan muadzin, itulah permintaan masyarakat yang diterima Maskanul Huffadz yang pada saat itu hanya membuka pendaftaran untuk santri akhwat. Pada tahun 2020, hadirlah Maskanul Huffadz Ikhwan di bawah asuhan Ustadz Ramdhan Ali Mantiri, Lc. Maffaz Ikhwan angkatan pertama yang telah menyelesaikan program tahfidz satu tahun, kini menjalani pengabdian sebagai musyrif. Menjelang akhir […]

Inilah Cara Bersyukur yang Terbaik

by in Blog Oktober 1, 2021

Sebagai seorang hamba, sudah menjadi kewajiban kita untuk bersyukur bukan? Tapi, masih banyak dari kita yang belum tau bagaimana sih cara bersyukur paling baik ? Disebutkan dalam hadits shahih, “Barang siapa yang tidak mensyukuri yang sedikit, maka ia tidak akan mampu mensyukuri sesuatu yang banyak.” (HR. Ahmad, 4:278, syaikh Al-Albani mengatakan bahwa hadist ini hasan […]

Ingin Dicintai? Lakukan 3 Nasihat Umar ra. Ini!

by in Blog September 30, 2021

Eits, ini bukan tips biar dilirik doi, ya! Hehe . . . Siapa yang tidak mau dicintai di dunia ini? Betapa banyak kasus bunuh diri disebabkan karena depresi yang timbul dari perasaan tidak dianggap, tidak diperhatikan, dan dibenci. Akan tetapi, sebelum berharap kita dicintai oleh seseorang, ingatlah hadits ini: “من لا ير حم لا يرحم” […]

Hafal 30 Juz: 56 Santri Maskanul Huffadz Medan Diwisuda

by in Blog, Gallery Foto September 29, 2021

Belum genap satu bulan setelah wisuda Maskanul Huffadz Bogor, kemarin 21 September 2021, Maskanul Huffadz kembali mewisuda santrinya. Wisudawati kali ini merupakan gabungan dua cabang Maskanul Huffadz Medan yaitu Menteng dan Marindal yang totalnya berjumlah 56 santri. Acara tersebut dihadiri oleh Umma Oki Setiana Dewi, Manda Ayu Lestari, dan Ummi Rara. Selain itu turut hadir […]

Maskanul Huffadz Lughoh Sambut 22 Santri Baru

by in Blog, Gallery Foto, Info Maskan September 28, 2021

Menanggapai banyaknya santri yang ingin fokus mendalami Bahasa Arab untuk menunjang hafalan, Maskanul Huffadz akhirnya membuka program baru yaitu Maskanul Huffadz Lughoh. Program berbayar ini ditujukan untuk pemula yang akan dibina dari nol sampai mahir dalam kurun waktu 6 bulan. Selain menerima santri berbayar, ada juga beberapa santri pengabdian maupun ustadzah yang diikutkan program tersebut […]

Tadabbur Alam: 60 Santri Maskanul Huffadz Rihlah ke Bogor

by in Blog, Gallery Foto September 28, 2021

Menjelang akhir program menghafal, seperti tahun-tahun sebelumnya, Maskanul Huffadz mengadakan rihlah. Selain rekreasi, agenda tahunan ini bertujuan untuk melatih kepemimpinan dan tadabbur alam. Hal ini sesuai dengan tema yang diusung yakni ‘Hablum minallah, Hablu minannnas, Hablum minal ‘alam’. Setelah didiskusikan oleh panitia yang dibimbing oleh Abi Davit, tujuan rihlah kali ini adalah Curug Gunung Salak, […]

Setan Menggoda dalam 6 Babak: Di Level Mana Kamu Terjebak?

by in Blog September 24, 2021

Kita tahu bahwa setan adalah musuh yang paling nyata, tapi apakah kita tahu bagaimana mengalahkannya? Hayo, lhoo Walaupun Al-Quran menyebutkan bahwa tipu daya setan itu lemah, namun kita tetap saja kalah kalau kita tidak menyusun strategi dan menyiapkan senjata yang mumpuni. Padahal, selemah-lemahnya tipu daya setan, mereka telah menyusun taktik yang terorganisir, terstruktur, sistematis, dan […]

Sejarah Hari Santri: Mengapa 22 Oktober?

by in Blog September 22, 2021

Sejak ditetapkan pada tahun 2015, setiap tahunnya Kementerian Agama Republik Indonesia selalu mengusung tema untuk peringatan Hari Santri Nasional (HSN). Kemarin, 21 September 2021, Kemenag mengumumkan bahwa HSN tahun ini bertemakan “Santri Siaga Jiwa dan Raga.” Namun, mengapa HSN baru ditetapkan pada tahun 2015? Apa yang melatarbelakangi Presiden Joko Widodo memberikan keputusan tersebut? Dan mengapa […]

Inilah 3 Cara Mengikat Ilmu

by in Blog September 21, 2021

إِنَّمَا يَخْشَى اللَّهَ مِنْ عِبَادِهِ الْعُلَمَاءُ “Sesungguhnya yang takut kepada Allah di antara hamba-hamba-Nya adalah ulama (orang berilmu).” (QS. Fathir: 28) Menuntut ilmu dalah kewajiban bagi setiap muslim. Banyak keutamaan dan dorongan menuntut ilmu dalam Al-Qur’an maupun hadits. Sayangnya, kebanyakan penuntut ilmu lupa bahwa mereka ‘pelupa’ sehingga ilmu yang didapatkan bagaikan pohon yang tak berbuah. […]

Penghafal Al-Qur’an, Tetapi Lupa Sama Hafalannya Apa Yang Harus Dilakukan?

by in Blog September 20, 2021

Dari Abdullah bin ‘Amr Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda: “Dikatakan kepada orang yang membaca (menghafalkan) Al-Qur’an: ‘Bacalah dan naiklah serta tartillah sebagaimana engkau di dunia mentartilkannya. Karena kedudukanmu adalah pada akhir ayat yang engkau baca (hafal).” (HR. Abu Daud no.1464 dan Tirmidzi no.2914 Syaikh Albani dalam Assilsialah Asshohihah no.2240 mengatakan bahwa hadits ini shahih) Dari […]

Menumbuhkan Jiwa Pengusaha: Training 7WD (7 Ways Ala Deni) di Maskanul Huffadz

by in Blog September 20, 2021

“Tidak ada kesuksesan . . . TANPA DISIPLIN!” Seruan penuh optimisme menggaung di aula Maskanul Huffadz pada Ahad, 19 September 2021. Kegiatan ekskul diliburkan sementara agar semua santri dan khususnya pengurus serta pengajar dapat mengikuti pelatihan 7WD yang dijadwalkan berlangsung dari pukul 18.00 hingga 18.00. 7WD adalah 7 disiplin yang disempurnakan dengan tuntunan eksekusi yang […]

Dibangunkan Istana Karena Sebuah Ember- Dahsyatnya Pahala Sedekah

by in Blog September 18, 2021

“Masyaallah, jadi penyemangat untuk bersedekah,” komentar netizen di bawah postingan yang memuat kisah ini. Ialah Sheikh Ali Hammuda yang menyampaikan kisah nyata ini di kanal YouTube iLovUAllah. Diunggah satu tahun yang lalu, video ini sudah ditonton 160 ribu kali. Berikut kisahnya. Seorang pria kaya raya membuat proyek pembangunan masjid yang ia dedikasikan menjadi amal yang […]

5 Manfaat Mengingat Kematian: KATUPAT Bersama Umma Oki Setiana Dewi

by in Blog, Kajian Internal September 17, 2021

“Sesungguhnya kematian yang kamu lari daripadanya, maka sesungguhnya kematian itu akan menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang ghaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.” Al-Jumu’ah/62: 8 Tidak ada yang kekal selain Allah swt. Setiap yang bernyawa pasti akan mati namun tidak semua yang bernywa […]

Muhammad Teladanku: Story Telling Abi Dafit untuk Anak-Anak Maffaz Junior

by in Blog September 17, 2021

“Didiklah anak-anakmu atas tiga hal: mencintai nabimu, mencintai ahli baitnya dan membaca Alquran. Sebab, orang yang mengamalkan Alquran nanti akan mendapatkan naungan Allah pada hari ketika tiada naungan kecuali dari-Nya bersama para nabi dan orang-orang yang suci.” HR. Tabrani Dafit A. Rusli, yang akrab disapa Abi Dafit adalah suami dari Ummi Dela Ardila Sofia S.Pd […]

Baru Pulang dari Turki: Dua Santri Pengabdian Maskanul Huffadz Berbagi Pengalaman

by in Blog September 16, 2021

“Inilah kitab yang Kami turunkan penuh dengan keberkahan.” (Al-An’am/6: 92) Ustadz Farhan Maulidi dan Ustadz Fachmi Akbar yang sama-sama berasal dari Aceh baru saja pulang dari Turki. Bersama dengan ratusan peserta dari penjuru dunia, mereka baru saja menyelesaikan Program Dauroh Quran Mukhayyam di Turki selama dua bulan. Ahad, 12 September 2021, semua santri Maskanul Huffadz […]

Khotmil Quran 30 Juz oleh 11 Santriwati Maffaz Pusat

by in Blog, Gallery Foto, Info Maskan September 14, 2021

“Tidak ada kata khatam bagi penghafal Al-Qur’an. Khatam itu nanti ketika nafas terakhir di bumi Allah kita hembuskan.” -Ustadzah Littya Senin, 13 September 2021 atau bertepatan dengan 6 Safar 1443 H, 11 santriwati Maskanul Huffadz Pusat menggelar syukuran setelah menyetorkan 30 juz hafalan mereka dalam kurun waktu paling lama 8 bulan. Perwakilan wali santri dalam […]

Inilah 5 Pertanyaan di Hari Kiamat: Siapkan Jawaban Biar Selamat!

by in Blog September 11, 2021

“Yang menciptakan mati dan hidup, untuk menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Mahaperkasa, Maha Pengampun.” Al-Mulk/67:2 Hidup adalah ujian. Terkadang ujian hadir dalam bentuk musibah, terkadang juga dalam bentuk nikmat. Musibah menguji kita apakah sabar atau tidak, sedangkan nikmat menguji kita apakah bersyukur atau tidak. Sampai kapan ujian ini […]

Penuh Haru: Syukuran Milad Maskanul Huffadz Ke-5

by in Blog, Gallery Foto, Info Maskan September 2, 2021

“Maskanul Huffadz bukan milik seorang atau dua orang, Maskanul Huffadz adalah milik ummat.” Umma Oki Setiana Dewi Dua hari yang lalu (01/09/21) Maskanul Huffadz genap berusia 5 tahun. Acara syukuran digelar secara sederhana namun penuh haru di dalam gedung aula yang sudah memasuki tahap penyelesaian. Acara syukuran tersebut dihadiri oleh tokoh masyarakat, donatur, dan komunitas […]

Jauhi Dua Hal Ini agar Imanmu Terjaga

by in Blog Agustus 31, 2021

الإِيْمِانُ قَوْل وَ عَمَلٌ يَزِيْدُ وَ يَنْقُصُ “Iman itu adalah perkataan dan perbuatan, bertambah dan berkurang.” (Abu al-Hajjaaj Mujaahid bin Jabr al-Makki) Iman adalah nikmat terbesar yang dimiliki setiap muslim. Menjaganya adalah wujud rasa syukur kita. Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan berkurangnya keimanan. Namun 2 yang paling berbahaya. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: مَا ذِئْبَانِ […]

8 Panduan Menghafal Al-Qur’an ala Hafidz Asal Brooklyn

by in Blog Agustus 31, 2021

“Bacalah Al-Quran karena Allah tidak akan menyiksa hati yang berisi Al-Quran. Dan sesungguhnya Al-Quran ini adalah jamuan Allah, maka siapa yang masuk di dalamnya, dia pun aman. Dan siapa mencintai Al-Quran, maka berilah kabar gembira kepadanya.” (HR. Ad-Darimi dari Abu Umamah) Faisal Latif, nama hafidz muda itu. Melalui kanal YouTube-nya ia menjawab pertanyaan yang paling […]

Belajar Menjahit: Santri Akhwat Maskanul Huffadz Mengembangkan Minat dan Bakat!

by in Blog, Gallery Foto, Info Maskan Agustus 30, 2021

“Ada banyak cara untuk berkontribusi dalam dakwah. Salah satunya dengan mentransfer ilmu dan keterampilan untuk meningkatkan kualitas generasi muda agama ini.” Umi Yunita, begitu beliau disapa oleh santri dan pengajar yang ikut les menjahit dengannya. Baik pengurus, pengajar, maupun santri sangat antusias mengikuti program ini. Kemarin (29/8) adalah pertemuan kedua. Pada Ahad sebelumnya, Umi menyeleksi […]

2 Nikmat Sehari-hari yang Lalai Disyukuri

by in Blog Agustus 28, 2021

Dan Dia telah memberikan kepadamu segala apa yang kamu mohonkan kepada-Nya. Dan jika kamu menghitung nikmat Allah, niscaya kamu tidak akan mampu menghitungnya. Sungguh, manusia itu sangat zalim dan sangat mengingkari (nikmat Allah). (Ibrahim/14: 34) Penggunaan kata menghitung untuk menyatakan betapa banyak nikmat Allah dalam ayat tersebut, sejalan dengan pernyataan bahwa manusia itu kebanyakan dzalim […]

Peringatan 10 Muharram dan Larangan Menyerupai Yahudi | Ust. Bukhari Yusuf Lc. MA.

by in Blog, Gallery Foto, Kajian Internal Agustus 20, 2021

“Siapa yang tahu perbedaan orang-orang yang dimurkai dan orang-orang yang sesat?” tanya Ustadz Bukhari Yusuf Lc. MA. Seluruh santri maupun pengajar/pengurus tahfidz Maskanul Huffadz dengan khidmat mendengarkan materi yang beliau sampaikan. Bahkan ketika pertanyaan itu dilontarkan, tidak sedikit yang antusias mengangkat tangan untuk menjawab. “Sebagaimana yang Ustadz sampaikan, orang-orang yang dimurkai (الۡمَغۡضُوۡبِ) adalah orang-orang Yahudi, […]

3 Ayat Tentang Hawa Nafsu: Kenali agar Terkendali

by in Blog Agustus 14, 2021

Orang pendosa tidak peduli apakah dia membuat murka Tuhannya ataukah tidak, yang dia pedulikan hanyalah memuaskan nafsu dan keinginannya. – Ibnu Qayyim Kutipan Ibnu Qoyyim rahimahullah di atas menyinggung nafsu yang mendorong manusia berbuat kemaksiatan. Pertanyaannya, apakah hawa nafsu selalu seperti itu? Apakah ada hawa nafsu yang bekerja sebaliknya? Secara bahasa, hawa nafsu terdiri dari 2 […]

Agar Sedekah Lebih Berkah

by in Blog Agustus 12, 2021

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir: seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” Al-Baqarah:261 Ayat tersebut menggambarkan besarnya pahala sedekah di jalan Allah yang dilakukan […]

Pentingnya Akhlak dan Tempat Terbaik untuk Melatihnya

by in Blog Agustus 11, 2021

إِنَّمَا بُعِثْتُ لأُتَمِّمَ مَكَارِمَ الأَخْلاقِ “Sesungguhnya aku diutus hanya untuk menyempurnakan kemuliaan akhlak.” (HR Al-Baihaqi dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu) Urgensi belajar akhlak Dilansir dari kompasiana.com, pendidikan akhlak adalah pembentukan perilaku baik yang menumbuhkan nilai moral kepada manusia yang akan mempengaruhi tingkah laku manusia tersebut. Jadi, penting bagi kita untuk melatih diri dengan akhlak terpuji. […]

Waspada Penyakit Mahjura: ‘Hijrah’dari Al-Quran

by in Blog Agustus 10, 2021

Meskipun yang diadukan Rasulullah itu adalah orang-orang kafir Quraisy, namun penyakit menjadikan Al Quran sebagai mahjura –terutama yang dirinci oleh Ibnul Qayyim- bisa saja menimpa kita. Dikutip dari bersamadakwah.net Ada satu perkataan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam yang diabadikan dalam Al-Qur’an yang berisi pengaduan beliau terhadap kaumnya. وَقَالَ الرَّسُولُ يَا رَبِّ إِنَّ قَوْمِي اتَّخَذُوا هَذَا الْقُرْآَنَ مَهْجُورًا Berkatalah […]

Syair Imam Syafi’i: Buat Para Perantau

by in Blog Agustus 10, 2021

“Jadilah engkau di dunia seperti orang asing atau pengembara.” -Pesan Rasulullah saw. kepada Ibnu Umar Sebagai umat muslim, nasihat untuk tidak terpedaya dengan kehidupan dunia tentu tidak asing di telinga. Namun, mengurung diri di rumah dengan alasan beribadah bukanlah penafsiran yang tepat. Banyak ayat dalam Al-Quran yangberisi dorongan untuk menjelajahi bumi Allah. Salah satunya: “Dialah […]

Tahun Baru Hijriah: Momen Muhasabah

by in Blog Agustus 9, 2021

ditulis untuk direnungkan bersama Bentar lagi tahun baru nih, Kira-kira resolusi apa aja yang sudah sahabat rencanakan? Tahun baru seringkali identik dengan hal-hal baru. Mulai dari semangat baru, target-target baru, dan masih banyak lagi yang baru, termasuk status baru, eh! Sebelum menatap masa depan yuk sejenak flashback ke belakang Apa aja sih yang udah kita […]

Peringatan dari Al-Quran untuk PENGUSAHA BERIMAN

by in Blog Juli 29, 2021

Sesungguhnya setiap umat memiliki ujian, dan ujian umatku adalah harta (HR. Tirmidzi) Siapa yang tidak mau menjadi pengusaha sukses? Semua orang ingin. Sayangnya banyak yang keliru dalam mendefinisikan kata ‘sukses’ yang membuat pengusaha di luar sana menghalalkan segala cara agar bisnisnya laris manis. Sebagaimana sifat manusia yang difirmankan Sang Pencipta: وَتُحِبُّونَ الْمَالَ حُبًّا جَمًّا Dan […]

4 Keajaiban Istighfar

by in Blog Juli 23, 2021

Kenapa kita harus beristighfar? Apa yang akan kita dapatkan jika beristighfar? Yuk sama-sama cari tahu jawabannya! Istighfar merupakan obat rasa malas Rasa malas itu dilawan bukan dibawa rebahan. Apalagi malas beribadah. Salah satu cara melawan rasa malas yang berbahaya ini adalah dengan beristighfar. Rasulullah shalallahu alaihi wassalam dalam HR. Muslim No. 2702 bersabda: “Ketika hatiku […]

Takdir Bukanlah Dalih untuk Bermaksiat

by in Blog Juli 23, 2021

Sebelumnya apakah kamu sudah mengetahui apa makna takdir? Takdir itu bukan sekedar suatu kejadian yang sudah Allah Ta’ala tetapkan atau tuliskan di lauhul mahfudz. Takdir itu pilihan hidup! Allah Ta’ala menciptakan segala sesuatu berpasang-pasangan. Sifat baik dan sifat buruk, perempuan dan laki-laki, siang dan malam, serta masih banyak lagi contoh lainnya. Ada seseorang bertanya kepada […]

3 KEUTAMAAN PUASA ARAFAH: Yakin Nggak Mau?

by in Blog Juli 17, 2021

Sebelum lanjut, terlebih dulu awali dengan bismillah lalu baca: نَوَيْتُ صَوْمَ عَرَفَةَ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى” Saya niat puasa Arafah, Sunah karena Allah Ta’ala.” Sudah? (Jangan lupa sahur, ya, tar malem ☺️ hehe) Biar tambah semangat menjalankan ibadah puasa Arafah, ketahui 3 keutamaan yang bisa kamu dapetin: 1. Penghapusan dosa Manusia itu tempatnya salah dan lupa. […]

Sembelihan Tapi Bukan Qurban

by in Blog Juli 17, 2021

Tanpa kita sadari, kita disembelih berkali-kali. Juga tanpa kita sadari, kita menyembelih setiap hari. Apa maksudnya? Apa yang disembelih? Rasulullah SAW bersabda: سلامة الإنسان في حفظ اللسان “Keselamatan manusia tergantung pada kemampuannya menjaga lisan.” (HR. al-Bukhari). Apa hubungan lisan dengan sembelihan?Selain menyelamatkan diri sendiri, menjaga lisan juga menyelamatkan orang lain dari perkataan yang menyakiti. Namun, […]

Deep Meanings of INNALILLAHI WA INNA ILAIHI ROJI’UN

by in Blog Juli 10, 2021

Bukan sekadar ucapan duka, lho . . . Apa yang terbayang di benak sahabat Maffadz ketika mendengar kalimat tersebut? Duka? Kehilangan? Kesedihan? Yap, kalimat istirja tersebut lumrah kita ucapkan ketika mendengar berita duka. Tapi apakah sebatas itu saja?? Nah kali ini saya akan sedikit mengulik makna dari kalimat istirja. Selamat menyimak… Dalam terjemahan bahasa Indonesia […]

4 Keutamaan Surat Al-Fatihah yang Harus Kamu Tahu

by in Blog Juli 1, 2021

“Dan sesungguhnya Kami telah berikan kepadamu tujuh ayat yang dibaca berulang-ulang dan Al-Quran yang agung.” (Al-Hijr/15:87) Ya, ayat tersebut menunjukkan bahwa Al-Fatihah adalah satu-satunya surat yang disebutkan di surat lain. Selain menjadi syarat sah salat, surat Al-Fatihah juga memiliki keutamaan-keutamaan lain, diantaranya; 1. Induk dari Al-Quran Nama lain Al-Fatihah sendiri adalah Ummul Quran. Selain karena […]

6 Kewajiban Terhadap Sesama Muslim

by in Blog Juni 28, 2021

Dari sekian banyaknya umat muslim hanya sedikit orang yang tahu apa saja kewajiban terhadap sesama muslim. Untuk itu, jika ingin menjadi seorang muslim yang baik setidaknya kita harus tahu kewajiban kita. Sebelumnya, kita harus mengetahui apa sih sebenarnya hukum wajib itu? Apa akibatnya apabila kita tidak melaksanakan kewajiban kita. Hukum wajib menurut Islam adalah suatu […]

8 Ciri Fisik Nabi Muhamammad ﷺ yang Perlu Kamu Ketahui!

by in Blog Juni 28, 2021

“Apakah mereka tidak mengenal Rasul mereka (Muhammad) karena itu  mereka mengingkarinya?” (Q.S. Al-Mu’minun [23]: 69)                 Seberapa kenal sih kamu sama Rasulullah ﷺ? Kenal aja, kenal banget, atau belum kenal? Hmmm… Mari kita lihat seberapa kenal kamu dengan manusia paling mulia dan paling berpengaruh sepanjang zaman ini.               Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah dalam Al-Jawabus Shahih berkata, […]

#4 Tipe Anak dalamAl-Qur’an, CEEK!…

by in Blog Juni 14, 2021

Sebelum halu kita terlalu tinggi melayang sampai ke pelaminan menjadi pasangan idaman, yuk maksimalkan dulu peran yang sedang dan akan terus melekat dalam diri kita. Anak, status yang akan selamanya melekat pada kita ini ternyata dimention lho dalam Al Quran.Percaya ga? Percaya ga? Percayalah masa enggak!! Anak sebagai Fitnah “Sesungguhnya hartamu dan anak-anakmu hanyalah cobaan […]

Ayahanda Oki Setiana Dewi Meninggal Dunia, Santri Maskanul Huffadz Doa Bersama

by in Blog Juni 4, 2021

                Papa . . . Innalillahi wa inna ilaihi rajiun, tulis Ustadzah Oki Setiana Dewi di Instagram Story-nya hari ini. Tak lupa beliau mention kedua adiknya, @dr.shindyputri_ dan @riaricis1795                 Kira-kira satu jam sebelumnya, keluarga besar Pesantren Tahfidz Maskanul Huffadz dikejutkan dengan pesan WA dari Ustadzah Oki Setiana Dewi yang akrab kami sapa ‘Umma’. Berikut […]

The Worst Can Become The Best: Kisah Pecandu Alkoholik menjadi Ulama Terbaik

by in Blog Mei 25, 2021

Bismillah Apakah kamu merasa terlalu banyak melakukan dosa? Saking banyaknya kamu merasa tidak layak memohon ampunan? Saking jauhnya berpaling, kamu merasa terlalu jauh untuk muter balik ke jalan yang lurus? Jika iya, semoga kisah ini membuatmu sadar bahwa kamu salah. Ini adalah kisah seorang pemuda yang tidak memiliki moral. Mabuk di depan publik. Tidak berpendidikan […]

7 KEUTAMAAN PALESTINA dalam Al-Quran dan Sunnah

by in Blog Mei 20, 2021

7 KEUTAMAAN PALESTINA dalam Al-Quran dan Sunnah Komentar “Palestina bukan urusan kita,” tidak bisa didiamkan. Lebih sedih lagi jika komentar ini keluar dari saudara seiman kita. Komentar semacam ini muncul karena ketidakpedulian alias kemasa-bodohan tentang Palestina. Bagi umat Islam, Palestina sangat bernilai. Melansir dari @onepathnetwork , setidaknya ada 7 kemuliaan Palestina yang disebutkan dalam Al-Quran […]

Jumat TERAKHIR di Bulan Ramadhan, Lakukan Amalan Ini!

by in Blog Mei 6, 2021

Di antara 7 hari dalam sepekan, hari Jumat mendapat julukan sayyidul ayyam (bapaknya hari). Hal ini karena banyaknya peristiwa penting dan keberkahan di hari itu. Sementara di antara 12 bulan dalam setahun, Allah melebihkan Ramadhan dengan banyaknya kemuliaan dan keberkahan. Sebagaimana termaktub dalam hadits: “اَلصَّلَوَاتُ الْخَمْسُ وَالْجُمْعَةُ إِلَى الْجُمْعَةِ وَرَمَضَانُ إِلَى رَمَضَانَ مُكَفِّرَاتٌ مَا بَيْنَهُنَّ […]

5 Langkah Sambut Ramadhan Penuh Berkah

by in Blog, Tips Maskan Maret 28, 2021

Bagaimana Ramadhan-mu tahun lalu, Sahabat? Untuk yang merasa gagal semoga Allah pertemukan dengan Ramadhan tahun ini. Untuk yang sudah dalam kategori sukses, semoga pada Ramadhan yang akan datang dapat ditingkatkan lagi, ya .. . Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika memasuki bulan Rajab beliau berdoa, اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَبٍ، وَشَعْبَانَ، وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ “Ya Allah, berkahilah kami […]

Miliki 10 Karakter Ini dan Jadilah Muslim Sejati

by in Tips Maskan Maret 27, 2021

Ikhtisar Syarah 10 Muwashafat karya Muhammad Husain Isa Ali Manshur Jika Stephen Covey menulis The 7 Habits Highly Effective People, jauh sebelum itu Rasulullah telah mengajarkan kita mengenai kebiasaan dan akhlak yang baik melalui hadits-hadits dan teladan beliau saw. Muhammad Husain Isa Ali Manshur telah merangkumnya untuk memudahkan kita dalam mengaplikasikan sifat-sifat ini. Semoga beliau […]

Puisi Untuk Palestina Oleh Santri Maskanul Huffadz

by in Blog Maret 27, 2021

telah ditampilkan pada acara LAFAZ (Lakon Maffaz) *Spesial Isra Mi’raj pada Ahad, 14 Maret 2021 Puisi ini berhasil menyentuh hati seluruh santri, pengurus, dan pengasuh Yayasan Maskanul Huffadz yang hadir di saung hari itu. Penampilan drama santri akhwat ini pun berhasil merebut juara pertama. Berikut puisinya : Jeritan Hatiku Hamparan tanah merah bersimbah darah Para […]

Salfok Paling Bobrok

by in Blog Maret 8, 2021

Tentang glowingnya dunia yang fana *Pastikan kamu benar-benar memahami definisi salfok biar nanti nggak salfah (salah faham) hehe Bismillah, Ketika kita lebih fokus memperhatikan teman dari pada guru yang sedang mengajar, bukan tidak mungkin kita dikeluarkan dari kelasnya. Jelas, ngobrol bareng teman jauh lebih mengasyikkan. Tapi tujuan kita ke sekolah adalah belajar. Ketika kita sibuk […]

Ketika Niatmu “Dipertanyakan”

by in Blog Februari 25, 2021

Pesan Untuk Santri Pengabdian LIQO adalah salah satu program Maskanul Huffadz yang bertujuan menjadi iman booster khususnya bagi santri beasiswa yang kini mengabdi. Ummi Rara, selaku mentor sekaligus penanggungjawab program ini mengkhususkan pertemuan pekan ketiga sebagai ajang ‘curhat’ seputar pengabdian. Saat itulah beliau ‘mempertanyakan’ keikhlasan kami mengabdi di Maffaz. Mempertanyakan bukan berarti meragukan. Beliau ingin […]

Galery Ikhwan

by in Blog, Gallery Foto Oktober 21, 2020

Maskanul huffadz ikhwan Tahun 2020 adalah awal dimana maskanul huffadz membuka pendaftaran untuk cabang ikhwan. dimana maskanul huffadz ikhwan yang bersal dari berbagai daerah seluruh penjuru indonesia. pada tahun 2020 ini maskanul huffadz ikhwan memberkan kuota sebanyak 20 orang santri jalur beasiswa. Maskanul huffadz tidak hanya fokus untuk menjadikan generasai muda sebagai penghafal Al-Quran, namun […]

4 Keutamaan Membangun Rumah Penghafal Qur’an

by in Blog, Gallery Foto, Info Maskan, Kajian Internal Oktober 21, 2020

4 Keutamaan Membangun Rumah Penghafal Qur’an – Sungguh beruntung orang yang selalu berusaha dekat dengan Al-Qur’an, mentadabburinya hingga pada puncaknya yaitu mengamalkan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya, karena mereka itulah yang kelak akan menjadi penjaga-penjaga Al-Qur’an di bumi Allah. Mereka tidak bersama didunia saja, tetapi juga diakhirat dalam syurga-Nya nanti sebagaimana hadits riwayat Tirmidzi, Rasulullah SAW […]

Ananda Silvi Tasmi’ 5 Juz

by in Blog Maret 3, 2020

Alhamdulillah ananda Silvia santri @maskanulhuffadzbintaro asal Bandung telah mentasmi’kan hafalan alquran nya sebanyak 5 juz. Semoga Allah istiqamahkan bersama Al-Qur’an begitu pun bisa menjadi syafaat untuk kedua orang tuanya di akhirat kelak. Aamiin . . . . Sahabat mari berbagi kebaikan melalui Program Orang Tua Asuh Santri Penghafal Quran Maskanul Huffadz. . Program ini mewadahi para donatur […]

Kunjungan Kak Ria Ricis

by in Blog Maret 3, 2020

Masyaallah Alhamdulillah..Terimakasih ka @riaricis1795 dan seluruh Tim Ricis sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung ke @maskanulhuffadzmedan disela-sela kesibukannya. Terimakasih telah berbagi kebahagiaan kepada kami😊😊 Semoga Ka Ricis dan Tim selalu dalam lindungan Allah dan senantiasa diberi kesehatan serta kebahagiaan💕💕 Uhibbukum fillah 💞 #maskanulhuffadz #infomedan #islam #kajianislam #beasiswa #thericis #riaricis #youtube

Ananda Sauna Tasmi’ 5 Juz

by in Blog Maret 2, 2020

Alhamdulillah ananda Sauna usia 18 tahun santri @maskanulhuffadzbintaro asal Tangerang telah mentasmi’kan hafalan alquran nya sebanyak 5 juz. Semoga Allah istiqamahkan bersama Al-Qur’an begitu pun bisa menjadi syafaat untuk kedua orang tuanya di akhirat kelak. Aamiin . . . . Sahabat mari berbagi kebaikan melalui Program Orang Tua Asuh Santri Penghafal Quran Maskanul Huffadz. . Program ini […]

Berbagi Berkah

by in Blog Maret 1, 2020

Alhamdulillah ada kiriman telur dari tetangga @maskanulhuffadzbintaro . Jazakumullah khair bunda.. semoga Allah beri rezeki yang lebih untuk hari ini dan hari-hari selanjutnya. Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda: مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ فَلْيُكْرِمْ جَارَهُ “Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaknya ia muliakan tetangganya” (HR. Bukhari 5589, Muslim 70)

Halaqoh Pagi

by in Blog Februari 29, 2020

Waktu pagi telah dido’akan khusus oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sebagai waktu yang berkah. Dari sahabat Shokhr Al Ghomidiy, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, اللَّهُمَّ بَارِكْ لأُمَّتِى فِى بُكُورِهَا “Ya Allah, berkahilah umatku di waktu paginya.”

Ananda Zura Afiza Tasmi’ 5 Juz

by in Blog Februari 27, 2020

Alhamdulillah ananda Zura Afiza usia 20 tahun santri @maskanulhuffadzmedan asal Bengkalis, Riau telah mentasmi’kan hafalan alquran nya sebanyak 5 juz. Semoga Allah istiqamahkan bersama Al-Qur’an begitu pun bisa menjadi syafaat untuk kedua orang tuanya di akhirat kelak. Aamiin . . . . Sahabat mari berbagi kebaikan melalui Program Orang Tua Asuh Santri Penghafal Quran Maskanul Huffadz. . […]

Kunjungan Maskan

by in Blog Februari 25, 2020

Alhamdulillah hari ini 25/02/20 Pengasuh Maskan Pusat 1 yaitu ustadzah @mandayulestari berkesempatan untuk silaturrahim mengunjungi santri @maskanulhuffadzbogor dan mengajar kitab At Tibyan. Semoga Allah ridhoi pertemuan ini dan kami tidak hanya berkumpul di dunia tetapi juga di Syurga Nya, aamiin.

Umroh Maffaz

by in Blog Februari 23, 2020

Alhamdulillah ada delapan pengurus Maskanul Huffadz serta keluarga umma @okisetianadewi yang akan berangkat ke Tanah Suci untuk menunaikan ibadah Umroh selama 10 hari bersama @persada_indonesia . Pemberangkatan dari Bandara Soekarno Hatta dan langsung menuju ke Madinah. Masyaallah..semoga selamat sampai tujuan dan semoga Allah izinkan kita semua untuk bisa menunaikan ibadah umroh #maskanulhuffadz #umrohmaffaz #umroh #mekkah #madinah #infobeasiswa #persada #persadaindonesia #travel

Sanad Al Quran

by in Blog Februari 22, 2020

Alhamdulillah tiga santri @maskanulhuffadzciputat yang telah menyetorkan hafalan 30 juz yaitu ananda Qori Setiawati, Deva Shela, dan Umi Nurjannah mengambil sanad Alfatihah kepada Syaikh Mahmud bin Abdul Aziz @ma.abdlaziz.ads

Infaq Pembebasan Lahan

by in Blog Februari 21, 2020

Penyerahan infaq pembebasan lahan @maskanulhuffadz dari keluarga Kak Siti Norain @ctain69 dengan teman-teman di Brunei sebesar Rp.28.650.000 dan $BND 700. Masyaallah tabarakallah, semoga menjadi amal jariyah yang tak pernah putus pahalanya untuk keluarga Allah, aamiin.

Makan Bersama

by in Blog Februari 20, 2020

Dalam sebuah hadis disebutkan bahwa Rasulullah SAW menyarankan makan secara berjamaah kepada orang yang makan tetapi tidak pernah merasa kenyang. “Wahai Rasulullah, sesungguhnya kami makan dan tidak merasa kenyang?” Beliau  bersabda, “Kemungkinan kalian makan sendiri-sendiri.” Mereka menjawab, “Ya”. Beliau bersabda, “Hendaklah kalian makan secara bersama-sama, dan sebutlah nama Allah, maka kalian akan diberi berkah padanya.” […]

-Syukur Yang Tak Akan Pernah Berujung-

by in Blog Februari 18, 2020

“Sekuat apapun usahaku untuk bersyukur takkan mampu melukiskan betapa anugerah yang Allah berikan begitu besar. Aku yang dulu bagai tak mengenal Nya, aku yang lebih sering lalai dengan perintah Nya, Ia pilih untuk menjadi penjaga kalam Nya. Rasa syukur tak akan pernah habis atas betapa nikmatnya Ia menjadikanku hamba pilihan Nya, setidaknya dalam hidupku ada […]

Ananda Halimah telah menyelesaikan dauroh 30 juz

by in Blog Februari 18, 2020

Alhamdulillah Mujahidah kita yang bernama Halimatussa’diyah asal Medan usia 19 tahun telah menyelesaikan setoran hafalan terakhirnya. . Ananda Halimah telah menyelesaikan dauroh 30 juz di @maskanulhuffadzmedan dalam waktu 6 bulan dan akan melanjutkan program mutqin. … Semoga Allah meridhoi hafalan kami, Allah mudahkan hafalan kami, Allah kuatkan hafalan kami, dan Allah lancarkan hafalan kami hingga bertemu Allah […]

Gagal Move On

by in Blog Februari 7, 2020

GAGAL MOVE ON -Ana Uhibbukum Fillah- Gus Elvyn merupakan santri @maskanulhuffadzmertilang asal Sulawesi Tenggara usia 22 tahun. Santri yang akrab dipanggil Evy ini dibesarkan dilingkungan yang berkecukupan dengan kehangatan keluarga yang harmonis “Saya merasa menjadi manusia yang paling beruntung hidup didunia kala itu.” ucap Evy. Namun..keadaan berubah 180 derajat. Di R.S Bhayangkara Kota Kendari beberapa […]

-Aku Ingin Menjadi-

by in Blog Februari 3, 2020

-Aku Ingin Menjadi- Sejak kecil setiap kali menulis biodata dibuku haria, cita citaku selalu berubah. Mulai dari Bidan, Dokter, Guru, Pengusaha, hingga Presiden. Sampai pada akhirnya aku ingin menjadi seorang Penulis. Buku harianku berubah jurnal. Satu dua halaman mulai berisi puisi. Tapi setelah kubaca sendiri rasanya ada yang kurang. Satu pertanyaan muncul, untuk apa aku […]

-BECAUSE OF ALLAH-

by in Blog Januari 31, 2020

Ketika salah satu santri @maskanulhuffadzmedan ditanya “Apa motivasi kamu sehingga kamu mau menghafalkan Alquran?” ia menjawab “Karena menghafalkan Alquran itu adalah salah satu Albaqiyatussholihat (amal amal yang pahalanya abadi dan amalan shalih yang pahalanya tidak akan sia sia). Karena saya yakin akan perjumpaan dengan Allah oleh sebab itu saya mempersiapkan yang terbaik untuk Nya. Yunda […]

Kajian Subuh

by in Blog, Gallery Foto November 30, 2019

وَمِنَ المكْرُوْهِ عِنْدَهُمْ : النَّوْمُ بَيْنَ صَلاَةِ الصُّبْحِ وَطُلُوْعِ الشَّمْسِ فَإِنَّهُ وَقْتٌ غَنِيْمَةٌ “ Di antara hal yang makruh menurut para ulama adalah tidur setelah shalat Shubuh hingga matahari terbit karena waktu tersebut adalah waktu memanen ghonimah (waktu meraih kebaikan yang banyak.” (Madarijus Salikin, 1: 369) … Untuk menghindarkan tidur setelah shubuh maka santri @maskanulhuffadzmedan […]

Wisuda Tahfidzul Qur’an

by in Blog Oktober 2, 2019

Bismillahirrahmanirrahim… 29/9/2019 Acara dimulai sejak jam 10 pagi. Diawali dengan acara Wisuda Tahfidzul Qur’an Kategori 10 Juz. Peserta wisuda telah berada di @maskanulhuffadz lebih kurang selama 1 tahun. Sekitar 73 santri yang diwisuda, disaksikan oleh belasan ribu jamaah berikrar agar terus setia pada Al Quran, belajar, mengajarkan serta mengamalkannya. . . *Kami ucapkan terimakasih untuk […]

MASKANUL HUFFADZ PLUS (Quota : Hanya untuk 15 Santri)

by in Info Maskan Juni 28, 2019

MASKANUL HUFFADZ PLUS Quota : Hanya untuk 15 Santri Kini dibuka kesempatan bagi sahabat semua yg berasal dari kategori UMUM yang ingin menjadi Hafidzah dengan mengikuti program menghafal dari Maskanul Huffadz Plus, yaitu program Tahfidzul Quran 30 Juz selama 1 tahun berbayar, dimana sebagian dari biaya pendidikan yang dibayarkan akan dialokasikan untuk subsidi program beasiswa […]

Wujudkan Hafiz Alquran, Oki Setiana Dewi Kenalkan Metode Neuro Nadi

by in Info Maskan, Neuro Nadi Desember 29, 2018

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Semangat Oki Setiana Dewi untuk menciptakan para penghafal Alquran terus digulirkan. Setelah menghadirkan Rumah Quran pada September 2016 lalu, kini Oki mengenalkan satu metode yang dapat menunjang penghafalan Alquran lengkap dengan tajwid yakni “neuro nadi Indonesia (NNI)”. “Alhamdulillah saya bersama teman-teman, kami meluncurkan metode belajar Alquran yang baru di Indonesia. Metode ini […]

by in Blog Desember 3, 2021

Abdullah bin Mubarok, ahli fiqih, hadits dan sekaligus sufi besar yang lahir tahun 181 H mempunyai pengalaman menarik. Suatu ketika ia menuturkan kisahnya:   Satu ketika, aku ingin menjalankan ibadah haji dan ziarah ke kuburan Baginda Nabi Muhammad ﷺ. Tiba-tiba di tengah jalan, aku menemukan gundukan hitam. Aku dekati, aku teliti lebih lanjut, ternyata ia […]